Makan Belalang Jadi Cara Ampuh Atasi Wabah Belalang di Afrika Timur

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 05 Jul 2020 10:00 WIB
Wabah Belalang Afrika Timur Foto: Getty/iStock
Jakarta -

Sejak akhir tahun lalu wilayah Afrika Timur diserang wabah belalang hingga sekarang. Cara ampuh atasi wabah belalang dengan menyantapnya.

Di tengah pandemi Virus Corona, beberapa negara di Afrika Timur juga harus menghadapi wabah belalang atau locust pleague yang sangat mengganggu di sana.

Baca Juga: Krenyes Gurih Pedas Belalang Goreng, Mau Cicip?

Berbagai cara sudah dilakukan pemerintah untuk mengatasi wabah ini dengan menggunakan pestisida. Namun pestisida saja tidak cukup untuk membasmi wabah belalang itu.

Wabah Belalang Afrika TimurWabah Belalang Afrika Timur

Dilansir dari SCMP (05/08), para ilmuwan menyarankan agar orang-orang di Afrika lebih rajin menyantap makanan dari belalang. Bukan tanpa alasan, tapi menurut mereka cara terbaik mengurangi populasi belalang adalah dengan memakannya.

"Jika kalian pergi ke wilayah terpencil di Afrika. Tepatnya di daerah yang penuh dengan sarang belalang, menyantap hidangan ini merupakan hal yang lumrah. Karena banyak orang yang memakan belalang," ungkap Chrystanus Tanga. Selaku peneliti dari International Centre of Insect Physiology and Ecology (ICIPE).

Menurut Tanga dengan belalang yang sudah populer jadi makanan di Afrika, ia berharap dapat mempromosikan belalang sebagai makanan umum.

Wabah Belalang Afrika TimurWabah Belalang Afrika Timur

"Kami berpikir untuk mempromosikan makanan ini. Tujuannya agar mendorong lebih banyak orang untuk memakan belalang. Kami ingin memperkenalkan bahwa belalang bukanlah makanan manusia primitif," lanjut Tanga.

Setidaknya ada ribuan hektar lahan pertanian yang sudah menjadi korban belalang di sana. Penggunaan pestisida yang berbahaya untuk lingkungan dan manusia, membuat Tanga semakin giat mempromosikan makanan belalang.

Untuk hidangannya sendiri belalang bisa digoreng, dipadukan menjadi sate dengan sayuran, hingga diolah menjadi campuran salad dan kebab.

"Selain memakan belalang, kami juga tengah mengembangkan bio pestisida yang lebih aman untuk lingkungan. Serta tidak membahayakan hewan lain," tuturnya.

Wabah Belalang Afrika TimurWabah Belalang Afrika Timur Foto: Istimewa

Menurutnya penggunaan pestisida ke lahan pertanian bisa mengakibatkan hasil panen terpapar kimia. Tentunya hal ini akan berdampak pada kesehatan banyak orang.

"Sampai sekarang ICIPE tengah mencari yang lebih aman untuk membasmi wabah belalang ini. Salah satunya dengan mendorong orang agar lebih banyak memakan belalang, serta menciptakan bio pestisida," pungkas Tanga.

Tak hanya di Afrika, belalang goreng juga populer sejak dulu di wilayah Gunungkidul, Yogyakarta. Hidangan yang satu ini juga dikenal dengan nama walang goreng. Rasanya gurih dengan tekstur yang renyah, apalagi jika disantap dengan sayur dan nasi merah.

Bahkan sekarang banyak belalang goreng yang dijual secara online karena ramai peminatnya.

Baca Juga: Belalang Goreng, Camilan Paling Maknyus di Gunungkidul



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)