Pencinta Kopi, Wanita Ini Koleksi 3.000 Cangkir Kopi

Riska Fitria - detikFood Selasa, 13 Agu 2019 14:20 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Saking cintanya minum kopi, wanita di Turki ini mengoleksi cangkir-cangkir hingga 3.000 banyaknya. Setiap cangkir punya sejarah tersendiri.

Kopi adalah bagian penting dari budaya Turki. Biasanya orang Turki rutin minun kopi yang disebut Türk kahvesi. Kabarnya, minuman tersebut telah memikat hati dan selera orang Turki dari generasi ke generasi.

Begitupun dengan wanita asal Turki ini. Wanita bernama Mesude Isikli merupakan salah satu orang yang gemar minum kopi. Bahkan dari kegemarannya tersebut, Mesude sampai mengoleksi cangkir-cangkir untuk digunakan menghidangkan kopi.
Pencinta Kopi, Wanita Ini Koleksi 3.000 Cangkir KopiFoto: Istimewa

Wanita yang tinggal di Osmaniye itu sudah mengumpulkan cangkir sebanyak 3.000. Menariknya, masing-masing cangkir memiliki cerita dan sejarah tersendiri.

Mesude Isikli yang juga merupakan seorang guru seni mengaku terpesona oleh cara-cara bagaimana kopi dihidangkan di budayanya. Itulah alasannya mengapa Mesude mengoleksi cangkir hingga sekian banyaknya, lapor Koam News Now(12/8).

Baca Juga : Bukan Hanya Ada Cocktail, Bar ini Juga Punya Koleksi Barang Antik

"Saya dan keluarga saya sangat menyukai kopi. Kecintaan saya terhadap kopi membuat saya ingin tahu tentang cangkir kopi," Kata Mesude.

Apalagi kopi Turki masuk dalam daftar warisan budaya Intangible Cultural Heritage List UNESCO 2013 dalam signifikansi sejarah Turki.
Pencinta Kopi, Wanita Ini Koleksi 3.000 Cangkir KopiFoto: Istimewa

Cangkir kopi yang dikoleksi oleh Mesude biasanya terbuat dari porselen dan dihiasi dengan desain Turki yang memukau. Dari itu, Mesude ingin mengumpulkan cangkir lebih banyak lagi yang memiliki gaya desain yang berbeda.

Hobinya itu telah dilakukan selama 12 tahun hingga akhirnya memiliki ribuan koleksi cangkir seperti sekarang. Kebanyakan cangkir tersebut merupakan barang antik Turki yang memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda.
Pencinta Kopi, Wanita Ini Koleksi 3.000 Cangkir KopiFoto: Istimewa

"Barang itu ada yang berusia 120 tahun dan 80 tahun. Semua itu memiliki kisah kenangan,"

Sebagian dari cangkir koleksinya itu ia dapatkan dari pemberian teman dan keluarganya. Semua disimpan rapi di atas meja-meja yang diletakkan di satu ruangan. Karena menurut Mesude, satu cangkir kopi dapat bernilai persahabatan selama 40 tahun.

Baca Juga : Cetak Rekor Dunia, Barista Ini Racik 420 Cangkir Cappuccino Dalam Sejam

Simak Video "Keripik Kaca Kini Jadi Tren, Begini Proses Pembuatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com