Seafood ala Restoran

Kress! Lemburi Bercangkang Lunak Jadi Favorit Pencinta Kepiting

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 25 Apr 2019 12:14 WIB
Foto: iStock/Istimewa Foto: iStock/Istimewa
Jakarta - Olahan kepiting lemburi jadi favorit di restoran seafood. Kepiting ini istimewa karena cangkangnya lunak dan bisa dimakan. Kress!

Pencinta kepiting pasti tak asing dengan kepiting lemburi. Nama lainnya soft-shell crab atau kepiting soka. Konon kata soka merupakan singkatan 'soft karapas' yang berarti cangkang lunak. Saking lunaknya, seluruh cangkang kepiting bisa langsung dimakan. Jadi tak perlu repot menyisihkan dagingnya.

Kepiting lemburi sebenarnya tak berbeda dengan kepiting bakau lain, hanya saja budidayanya memerlukan trik khusus. Bibit kepiting ini diperlihara di kolam selama 21 hingga 25 hari. Petambak kepiting selanjutnya merangsang pergantian kulit kepiting lemburi.

Kress! Lemburi Bercangkang Lunak Jadi Favorit Pencinta KepitingFoto: iStock

Caranya dengan mencopot cangkang kepiting dan memotong kaki kepiting. Ketika kepiting berganti kulit, kepiting segera dipanen untuk menghindari cangkangnya mengeras kembali. Proses panen ini dilakukan selama 2 jam.

Soal nutrisi, kepiting lemburi tinggi kandungan vitamin B12 dan selenium. Sementara kulitnya mengandung chitosan dan karotenoid yang berfungsi menyerap lemak, kolesterol, dan racun lain.

Kepiting lemburi jadi sajian populer di Tarakan, Kalimantan Utara. Banyak warung makan hingga restoran menyajikan olahan kepiting lemburi. Jenis kepiting ini juga jadi menu primadona di banyak restoran seafood.

Kress! Lemburi Bercangkang Lunak Jadi Favorit Pencinta KepitingFoto: Istimewa

Baca Juga: Perhatikan Cara Ini Saat Mengolah Kepiting Soka

Olahan populer kepiting lemburi adalah goreng tepung dan saus asam manis. Ada juga yang menawarkan sup kepiting lemburi. Karena cangkangnya lunak, olahan kepiting lemburi banyak dipesan keluarga untuk dinikmati bersama anak-anak.

Untuk menu ala Barat, kepiting lemburi diolah sebagai isian sandwich. Sebelumnya kepiting lemburi digoreng dengan banyak tepung lalu diapit dua tangkap roti. Sementara dari Thailand, ada kepiting lemburi goreng berbalut saus kare. Rasa gurih pekatnya disukai banyak orang.

Bagi pencinta makanan sehat, salad kepiting lemburi yang bisa dicoba. Salad ini memadukan kepiting lemburi goreng dengan irisan selada, wortel, mangga muda hingga mentimun.

Kress! Lemburi Bercangkang Lunak Jadi Favorit Pencinta KepitingFoto: dok. detikFood

Kalau mau coba kepiting lemburi enak, Ta Wan bisa disambangi. Restoran keluarga dengan menu oriental ini memang punya menu andalan kepiting lemburi. Olahannya digoreng tepung lalu dipadukan saus spesial yang manis dan pedas.

Sementara kepiting lemburi gaya Thailand bisa dicicip di Thai Addict. Restoran ini menyajikan kepiting lemburi goreng dengan saus kare berwarna kuning kental. Kalau mau coba, Thai Addict berlokasi di Pejaten Village.

Baca Juga: Thai Addict: Makan Siang Mantap Pakai Kepiting Saus Kare dan Tom Yum Ayam

(adr/odi)