Peralatan Dapur yang Tak Bersih Bisa Pengaruhi Rasa dan Aroma Makanan

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 20 Feb 2018 19:10 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Membersihkan alat dapur harus benar-benar bersih. Jika tidak, aroma dan rasa makanan akan terpengaruh aroma tak sedap.

Ketika memasak kita cendrung terfokus pada bahan makanan dan cara pengolahannya. Padahal alat-alat dapur juga memegang peranan penting dalam keberhasilan masakan.

Menurut The Sun (19/02/18), kesalahan sederhana dalam membersihkan peralatan memasak atau alat-alat dapur dapat merusak cita rasa dan aroma makanan.

Baca Juga: 8 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Bersihkan Peralatan Dapur

1. Jarang membersihkan oven
Perlatan Dapur yang Tak Bersih Bisa Pengaruhi Rasa dan Aroma MakananFoto: iStock


Meski terlihat sepele, tapi jarang membersihkan oven setelah digunakan dapat mempengaruhi rasa dan aroma dari makanan atau kue yang dipanggang. Oven yang kotor akan mengeluarkan bau tak sedap yang bisa menyerap ke dalam makanan yang tengah dipanggang.

Untuk membersihkannya, campur soda kue dengan air hingga menjadi kental seperti pasta. Oleskan ke pintu dan bagian dalam oven dan biarkan selama semalam. Kemudian, bilas hingga bersih. Jika ada nosa atau kerak bisa diangkat dengan larutan cuka.


2. Tidak membersihkan penggiling kopi
Perlatan Dapur yang Tak Bersih Bisa Pengaruhi Rasa dan Aroma MakananFoto: iStock


Alat penggiling kopi harus dibersihkan sesering mungkin. Ini karena permukaan bawah dan minyak yang di produksi dari menggiling biji kopi dapat membusuk hanya dalam hitungan hari. Hal ini merusak aroma dan citarasa daro kopi. Cobalah untuk menggiling butiran beras atau roti untuk melepaskan partikel yang tertinggal dalam penggiling, sebelum dibersihkan dengan cairan pembersih.

3. Makanan panas di wadah plastik
Perlatan Dapur yang Tak Bersih Bisa Pengaruhi Rasa dan Aroma MakananFoto: iStock


Hindari menempatkan makanan yang masih panas ke dalam wadah plastik, makanan Anda dapat terpapar bahan kimia dari plastik yang menganggu edokrin seperti BPA dan BPS. Hal ini juga dapat membuat makanan memiliki rasa aneh. Bahkan beberapa bahan kimia dalam plastik dapat menyebabkan obesitas dan kanker. Lebih baik dinginkan dulu makanan, sebelum memasukannya ke dalam wadah plastik.

4. Tidak membersihkan panggangan
Perlatan Dapur yang Tak Bersih Bisa Pengaruhi Rasa dan Aroma MakananFoto: iStock


Sisa bakaran daging atau bahan makanan lainnya dibiarkan pada panggangan. Hal ini
dapat membuat makanan menjadi tidak enak, juga memiliki risiko terjangkit kuman dan karsinogen. Pastikan Anda membersihkan panggangan Anda, sebelum memanggang makanan atau daging.

Baca Juga: Habis Pesta BBQ, Bersihkan Alat Panggang dengan 4 Langkah Mudah

5. Sisa sabun
Perlatan Dapur yang Tak Bersih Bisa Pengaruhi Rasa dan Aroma MakananFoto: iStock


Sisa sabun cuci piring yang tertinggal di peralatan makan bisa berbahaya untuk tubuh juga mempengaruhi rasa dari makanan. Ketika mencuci piring, pastikan sabun dan air sisa bilasan terangkat dengan sempurna. Anda bisa mengeringkan peralatan makan Anda dengan lap atau tisue dapur untuk mengangkat sisa air dan sabun cuci piring yang masih menempel.


Baca Juga: Dengan 4 Cara ini, Bersihkan Dapur Lebih Mudah dan Cepat


(adr/odi)