Menu Natal dan Tahun Baru

Habis Pesta BBQ, Bersihkan Alat Panggang dengan 4 Langkah Mudah

Devi Setya - detikFood Minggu, 31 Des 2017 20:03 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Pesta BBQ selalu berakhir dengan alat panggang yang kotor dan gosong. Jangan dulu mengeluh, karena ada trik mudah membersihkannya.

Usai digunakan untuk memanggang berbagai makanan, pasti alat panggang akan kotor. Bahan makanan yang melekat dan lengket serta sisa olesan saus jelas membuat alat panggang tampak menyedihkan.

Sebelum disimpan untuk pesta barbeque berikutnya. Pastikan Anda sudah membersihkannya dengan benar. Berikut langkah mudahnya.

1. Bongkar alat panggang

Habis Pesta BBQ, Bersihkan Alat Panggang dengan 4 Langkah MudahFoto: iStock

Sebelum membongkar alat panggang, Anda harus memastikan sudah tidak ada bara api yang menyala. Alat panggang juga harus sudah dalam keadaan dingin.

Bongkar secara perlahan mulai dari rak pemanggang, wadah arang hingga kaki alat panggang. Ingat, bagian yang dibongkar hanyalah bagian yang bisa dirakit kembali.

Baca juga : Bersihkan Panggangan dengan Cara Praktis Ini agar Tetap Awet

2. Bersihkan abu dan sisa kerak

Habis Pesta BBQ, Bersihkan Alat Panggang dengan 4 Langkah MudahFoto: iStock

Setelah itu bersihkan dari abu dan sisa arang pembakaran. Gunakan bantuan pisau atau spatula untuk mengoyak bagian kerak yang menempel pada permukaan alat panggang. Jangan lupa juga untuk menyingkirkan abu sisa pembakaran.

3. Cuci alat panggang

Habis Pesta BBQ, Bersihkan Alat Panggang dengan 4 Langkah MudahFoto: iStock

Cuci bagian rak yang terpisah dengan menggunakan sabun sambil digosok perlahan menggunakan scrub yang agak kasar. Taburkan soda kue paada seluruh bagian alat panggang, perciki dengan sedikit air dan diamkan selama 2 hingga 3 jam.

Gosok menggunakan sikat kawat hingga seluruh kerak terkelupas. Lakukan secara berulang hingga rak kembali bersih dari sisa noda.

4. Bilas dan keringkan

Habis Pesta BBQ, Bersihkan Alat Panggang dengan 4 Langkah MudahFoto: iStock

Bilas seluruh permukaan alat panggang dengan air mengalir. Jika masih ada kerak kotoran, ulangi langkah ini beberapa kali hingga permukaan alat panggang benar-benar bersih.

Selanjutnya keringkan alat pemanggang dengan cara diangin-anginkan. Lalu simpan di tempat kering. Sekarang alat pemanggang sudah bersih dan siap digunakan untuk pesta barbeque selanjutnya.

Baca juga : Ini 5 Jenis Panggangan yang Bisa Anda Gunakan Untuk Pesta Barbeque (adr/adr)