ADVERTISEMENT

Sedang Belajar Memasak? Chef Amerika Ini Beri 5 Tips untuk Anda

Esther Suhana Abdurahim - detikFood
Rabu, 29 Nov 2017 09:47 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Memasak memang kegiatan yang menyenangkan. Akan tetapi bagi pemula, tentu harus ada banyak hal yang perlu dikuasai. Chef asal Amerika ini beri tips untuk Anda.

Chef asal Amerika memberikan 5 tips bagi Anda agar lebih mudah dan pandai memasak. Michael Symon yang belajar memasak dari ibu serta neneknya ini adalah seorang chef yang sudah diakui secara nasional oleh beberapa restoran di berbagai negara.

Dikabarkan oleh Food and Wine (27/11) pada Atlantic City's Savor Borgata Food and Wine pada tanggal 10 November, ia membuka festival itu dengan berbagi tips bagaimana teknik dasar memasak yang mudah untuk para pemula.

Baca juga: Sedang Belajar Memasak? Pelajari Dulu Teknik Dasar Memasak Ini

1. Gunakan lebih banyak garam

Sedang Belajar Memasak? Chef Amerika Ini Beri 5 Tips untuk AndaFoto: Istimewa

Pertama, jangan takut dalam memberikan garam pada makanan Anda. Symon menyadari banyak orang sangat memilih-milih dalam takaran garam. Tapi Symon menyarankan kepada Anda untuk mempertimbangkan takaran garam yang akan digunakan lebih dari biasanya.

"Perbedaan antara memasak yang baik dan chef yang baik adalah bagaimana mereka membumbui makanannya," kata Symon.

"Saya tahu saat orang menonton televisi dan berkata 'Ya ampun, Mario Batali menuangkan sangat banyak garam di makanannya!' Tapi hal ini yang harus Anda ingat, apapun yang kita buat, kita buat seadanya. Siapapun yang berkata, 'Saya tidak memasak dengan sedikit garampun, makanan saya tetap enak dan orang-orang menyukainya,' ingat, mereka sedang berbohong pada Anda," ujar Symon.

Selain itu, Symon merekomendasikan untuk menggunakan garam kosher dan juga garam laut.

2. Jangan memasak daging terlalu lama

Sedang Belajar Memasak? Chef Amerika Ini Beri 5 Tips untuk AndaFoto: Istimewa

"Jangan memasak filet daging atau ribeye terlalu lama, karena Anda hanya akan membuang-buang uang," kata Symon.

Jika Anda suka masak daging dan memsaknya hingga lama, pilihlah braciole atau daging dengan rusuk pendek, dagingnya akan tetap empuk walaupun di masak dalam waktu yang lama. Tapi jika Anda terlalu lama memasaknya, pada dasarnya Anda akan membunuh daging tersebut dua kali, menurut Symon. Sayangnya, ibunya secara rutin membuat kesalahan ini.

"Apabila saya pergi ke rumah ibu saya dan beliau berencana membuat steak, saya pastikan saya akan datang satu jam lebih awal," jelasnya.

3. Beli bahan makanan saat musimnya

Sedang Belajar Memasak? Chef Amerika Ini Beri 5 Tips untuk AndaFoto: Getty Images

Beberapa bahan makanan hanya akan bertahan pada musimnya saja. Seperti tomat, pada musim panas tomat akan terlihat menggiurkan, namun tidak sampai masuk ke dalam musim dingin. Cobalah untuk memilih tomat San Marzano yang dikemas dalam kaleng atau sayuran musim seperti squash, bit, dan sayuran akar lainnya.

"Nenek saya selalu memasak hidangan tergantung musimnya," katanya. "Makanan Italia sangat bagus karena diprogram untuk makan musiman. Makanya sangat lezat dan spesial."

Makanan yang Anda beli saat musimnya biasanya masih segar sehingga rasa makanan lebih enak.

4. Pelajari beberapa teknik memasak dengan sangat baik

Sedang Belajar Memasak? Chef Amerika Ini Beri 5 Tips untuk AndaFoto: Istimewa

Mempelajari teknik memasak lebih baik daripada mempelajari resep. Tapi, jangan salah sangka, bukan berarti kita tak boleh belajar memasak dari buku resep, hanya saja kekurangannya jika mempelajari hal ini Anda hanya akan mendapatkan satu ilmu.

Berbeda jika Anda mempelajari tekniknya. Mempelajari teknik akan memudahkan kita dalam hal memasak. Karena Anda bisa menggunakan teknik itu untuk menghasilnya item yang berbeda-beda.

"Jika Anda mempelajari teknik, Anda tahu seribu resep, karena Anda bisa menggunakan teknik itu untuk menghasilkan seribu item berbeda," ucap Symon.

5. Belanja bahan makanan berdasarkan produk terpercaya

Sedang Belajar Memasak? Chef Amerika Ini Beri 5 Tips untuk AndaFoto: iStock

Tips terakhir ini tujuannya agar Anda jangan mudah percaya dengan produk makanan yang lebih murah. Walaupun produk yang dijual lebih murah tapi belum tentu kualitas dari produk tersebut akan memiliki kualitas yang setara dengan produk yang asli.

"Anda bisa menjadi koki yang handal, tapi jika Anda memasak menggunakan produk yang tidak memiliki kualitas baik, hidangan secantik apapun akan terasa biasa saja di lidah penikmat. Berbeda jika Anda memasak menggunakan produk yang bagus, hidangan yang cantik akan menjadi pelengkap hidangan Anda."

Bagi Symon, hal ini berlaku terutama untuk daging steak.

"Dengan semua trik saya selama 30 tahun memasak secara profesional, jika seseorang memberikan saya daging steak yang prima saya hanya akan mengambil garam dan merica di atasnya sesuai dengan takaran saya sendiri." Tutupnya.

Michael Symon mengingatkan kepada banyak orang untuk tidak menghemat garam. Karena garamlah yang akan menentukan rasa dari makanan Anda. Tapi, tetap dalam jumlah yang dianjurkan oleh pakar garam.

Jangan terlalu banyak sehingga membuat penikmatnya merasakan dampak negatif, tapi juga jangan terlalu sedikit yang membuat hidangan makanan Anda tidak enak.

Baca juga: Membuat Makanan Sendiri Lebih Menyehatkan dan Menyenangkan (lus/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT