Ayo, Memasak!

Membuat Makanan Sendiri Lebih Menyehatkan dan Menyenangkan

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 21 Sep 2016 14:30 WIB
Foto: oStock
FOKUS BERITA Ayo, Memasak!
Jakarta - Memasak merupakan kegiatan domestik yang sering dianggap sepele. Padahal banyak manfaat dari kegiatan menyiapkan makanan ini.

Proses menyiapkan makanan sudah ada sejak manusia ada. Teknik memasak yang dipakai berkembang sesuai peradaban manusia. Jika nenek moyang kita memasak hanya dengan teknik merebus dan membakar, kini lebih banyak lagi teknik yang dikenal.

Dua dekade lalu, seorang wanita dianggap sempurna jika terampil sempurna. Semakin banyak profesi yang dijalani wanita, anggapan itupun bergeser. Uniknya, kini memasak dianggap sebagai kegiatan yang keren.

Banyak aspek terlibat dari proses menyiapkan makanan. Mulai dari peralatan, tata letak dapur, bahan-bahan hingga teknik memasak dan cara menyajikan. Banyak chef di dunia mengatakan 'memasak itu tidak sulit'. Bisa jadi benar, asalkan sering berlatih dan belajar mengenal bahan dan teknik memasak.

Ulasan detikfood minggu ini akan mengangkat kembali tren kegemaran memasak di kalangan anak muda dan keluarga muda. Belum bisa memasak? Tak usah minder, semua bisa dimulai dengan hal sederhana. Kami juga akan mengungkap resep-resep dasar membuat sajian rumahan. Dari sup, sayur lodeh hingga sambal yang enak.

Mengenal peralatan masak dasar yang harus dimiliki. Teknik memasak pun akan kami beberkan satu persatu. Jadi, jangan takut belajar dan mencobanya. Kalau gagal, bisa diulang lagi.

Memasak juga mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan. Melatih keterampilan jari, berhitung, melatih indera pencecap, penglihatan hingga pendengaran. Para ahli juga menyebut memasak bisa memulihkan stress.

Jika dilakukan bersama anak, banyak hal bisa didapat. Anak menjadi mandiri, berani, banyak mengenal bahan makanan, terutama makanan sehat. Kebersamaan Anda dan si kecil juga lebih akrab.

Tempat belajar, tempat belanja dan hal yang berkaitan dengan persiapan memasak juga akan kami ulas. Pada akhirnya memasak memang jadi perekat keluarga, membuat tubuh lebih sehat dan tentu lebih hemat. Ayo, memasak! (odi/odi)
FOKUS BERITA Ayo, Memasak!

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com