4 Makanan Tinggi Kolesterol Ini Berbahaya untuk Kesehatan Jantung

ADVERTISEMENT

4 Makanan Tinggi Kolesterol Ini Berbahaya untuk Kesehatan Jantung

Tim detikfood - detikFood
Senin, 20 Feb 2023 05:00 WIB
Terungkap! 7 Rahasia Kentang Goreng Enak Restoran Cepat Saji
Foto: Getty Images/iStockphoto/Guillermo Spelucin Runciman
Jakarta -

Kolesterol darah yang tinggi banyak dialami anak muda. Penyebab utamanya adalah asupan makanan tinggi lemak yang terlalu sering.

Kolesterol darah yang tinggi perlu diperhatiakn serius karena bisa memicu kondisi kesehatan yang lebih buruk. Penyakit kronis seperti stroke dan serangan jantung bisa tiba-tiba muncu.l Salah satunya adalah karena kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh.

Kolesterol sendiri pada dasarnya adalah zat lemak yang secara alamiah ditemukan dalam tubuh manusia. Namun, ketika kadarnya berlebih, kolesterol bisa berbahaya. Agar terhindar dari penyakit berbahaya tersebut, kenali jenis makanan yang dapat memicu kolesterol tinggi demi kesehatan tubuh.

Lantas makanan apa saja yang mengandung kolesterol tinggi? Simak informasi berikut dirangkum menurut ahli jantung Elizabeth Klodas yang juga penulis buku "Slay the Giant: The Power of Prevention in Defeating Heart Diseaseā€³:

1. Daging merah

Penjelasan daging kurban masih bergerakDalam bentuk apapun, daging merah tidak boleh terlalu sering dikonsumsi karena mengandung lemak jenuh. Foto: iStock

Daging merah dalam bentuk apapun seperti iga, steak, daging giling sebaiknya jangan terlalu sering dikonsumsi. Kamu bisa menggantinya dengan daging tanpa lemak dalam jumlah kecil.

Sebagai ganti untuk mendapatkan protein, daging merah bisa diganti daging unggas tanpa lemak, ikan, dan kacang-kacangan. Perlu diingat, unggas juga mengandung lemak jenuh, jadi menghindari daging merah bukan berarti memakan daging ayam secara berlebihan.

Jika tubuh memiliki kolesterol tinggi, alternatif protein tanpa lemak yang lezat lainnya adalah ikan berdaging putih seperti ikan tuna dan kakap.

2. Gorengan

Terungkap! 7 Rahasia Kentang Goreng Enak Restoran Cepat SajiMakanan yang digoreng harus dibatasi karena mengandung kolesterol tinggi. Foto: Getty Images/iStockphoto/Guillermo Spelucin Runciman

Berbagai makanan yang digoreng, apalagi digoreng hingga kering, mengandung kolesterol tinggi yang perlu dibatasi konsumsinya. Makanan yang digoreng mengandung banyak kalori dan lemak trans yang meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Selain itu, konsumsi goreng-gorengan terlalu sering juga dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

Alternatif makanan pecinta goreng-gorengan adalah kentang, kale, atau brokoli yang dipanggang hingga garing. Atau, makanan bisa diolah menggunakan air fryer, yang menggunakan lebih sedikit minyak.

3. Daging olahan

Sosis Bakar Saus BBQDaging olahan seperti sosis juga mengandung lemak jenuh yang bisa menyebabkan kolesterol hingga penyakit jantung. Foto: iStock

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menggolongkan daging olahan sebagai makanan yang mengandung karsinogen, yakni zat yang dapat menyebabkan penyakit kanker.

Daging olahan seperti sosis, bakso, hot dog, salami dan bacon juga mengandung sodium tinggi dan lemak jenuh. Biasanya daging olahan bersumber dari potongan daging sapi atau ayam yang berlemak.

4. Biskuit dan cake

Punya Penyakit Langka, Wanita Ini Hanya Bisa Makan Biskuit Selama 4 TahunBiskuit atau cake sebaiknya dihindari karena mengandung banyak lemak jenuh. Foto: Instagram

Biskuit, cake, dan kue kering yang diproduksi secara massal seringkali padat kalori, rendah nutrisi, dan mengandung banyak lemak (terutama lemak jenuh seperti mentega) dan gula. Semua makanan ini adalah penyebab kolesterol tinggi.

Gantilah dengan makanan yang dipanggang dan atur jumlah dan jenis lemak dan gula yang digunakan. Pilih makanan yang tidak mengandung lemak dan gula tinggi.

Daftar makanan tinggi kolesterol bisa dilihat di SINI !



Simak Video "Ini Bahayanya Jika Santan Dipanaskan Berulang"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT