Umur Berapa Anak Diperbolehkan Minum Kopi?

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Umur Berapa Anak Diperbolehkan Minum Kopi?

Riska Fitria - detikFood
Senin, 23 Jan 2023 07:30 WIB
5 Keistimewaan Biji Kopi Toraja  yang Disukai Banyak Orang
Foto: Getty Images/iStockphoto/Vadym Terelyuk
Jakarta -

Kandungan kafein pada kopi sangat bermanfaat untuk tubuh, tetapi tidak pada anak-anak. Lantas usia berapa anak baru boleh mengonsumsi kopi?

Banyak penelitian yang telah membuktikan manfaat kafein untuk kesehatan tubuh. Mulai dari meningkatkan metabolisme tubuh, menurunkan berat badan, memberikan energi dan lainnya.

Sayangnya manfaat kesehatan tersebut tidak dapat dirasakan oleh anak-anak. Justru kafein yang terkandung pada kopi bisa menjadi racun bagi anak-anak. Karenanya mereka dilarang minum kopi.

Kafein sendiri merupakan zat stimulan alami yang bisa ditemukan dari berbagai sumber. Selain pada kopi, kafein juga terkandung pada teh, soda dan minuman berenergi.

Baca Juga: Minum Kopi Panas Terlalu Sering Bisa Ganggu Kesehatan Mata

5 Keistimewaan Biji Kopi Toraja  yang Disukai Banyak OrangKafein sendiri merupakan zat stimulan alami yang bisa ditemukan dari berbagai sumber. Foto: Getty Images/iStockphoto/Vadym Terelyuk

Kafein pada minuman umumnya berperan sebagai stimulan yang membuat tubuh tetap terjaga. Para ahli menyarankan bagi anak-anak untuk tidak mengonsumsi kafein lebih dari 45 miligram dalam sehari.

Itulah mengapa anak-anak tidak disarankan minum kopi, karena kandungan kafein pada kopi terbilang tinggi. Dampak minum kopi pada anak-anak bisa menghambat pertumbuhan dan kesehatan mereka.

Anak-anak yang minum kopi bisa mengalami insomnia, hiperaktif dan susah makan. Selain kafein, alasan anak-anak tidak boleh minum kopi karena kopi memiliki sifat diuretik.

Proses diuretik ini dapat membuat penyerapan kalsium di dalam tubuh anak menjadi terganggu. Sementara kalsium sangat dibutuhkan oleh anak-anak untuk kesehatan tulang dan gigi.

Baca Juga: 8 Manfaat Kopi yang Menyehatkan, Cegah Selulit hingga Jerawat

Kopi American Academy of Pediatrics merekomendasikan tidak ada kopi berkafein, teh, soda, minuman olahraga atau produk lain untuk anak di bawah usia 12 tahun. Foto: iStock

Lantas pada usia berapa anak-anak dapat dikatakan aman untuk minum kopi?. Dikutip dari CNN (14/10/22) American Academy of Pediatrics merekomendasikan tidak ada kopi berkafein, teh, soda, minuman olahraga atau produk lain untuk anak di bawah usia 12 tahun.

Sementara untuk remaja antara usia 12 dan 18 tahun harus membatasi asupannya hingga kurang dari 100 miligram per hari. Ahli gizi Andy Bellati mengatakan bahwa amannya, anak boleh minum kopi 18 tahun.

Anjuran ini tidak hanya berlaku pada kopi saja, tetapi juga minuman lainnya yang mengandung kafein. Oleh karenanya, dalam hal ini juga dibutuhkan pantauan dari orangtua.

Baca Juga: Minum Kopi Malah Jadi Cemas dan Gelisah, Bisa Jadi Karena Ini



Simak Video "Melihat Proses Pembuatan Kopi Toraja Secara Tradisional"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT