ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Minum Kopi Panas Terlalu Sering Bisa Ganggu Kesehatan Mata

Sonia Basoni - detikFood
Rabu, 31 Agu 2022 07:30 WIB
Minum Kopi Panas Terlalu Sering Bisa Ganggu Kesehatan Mata
Foto: Site News
Jakarta -

Minum kopi panas memang enak. Tapi menurut beberapa penelitian terbaru, kopi panas memilki dampak buruk untuk kesehatan mata.

Meski kopi memiliki banyak manfaat untuk tubuh jika diminum dalam aturan dan porsi yang benar. Beberapa efek samping dari minum kopi ini sebenarnya cukup banyak. Seperti dapat membuat kelopak mata menjadi kering, hingga membuat ketajaman penglihatan menjadi berkurang.

Dilansir dari The Express UK (30/08), meski menurunnya daya lihat merupakan hal yang wajar dan natural terjadi ketika sudah berumur. Tapi beberapa faktor bisa mempercepat proses penuaan pada kesehatan mata.

Baca Juga: Kopi Pinogu Khas Gorontalo, Favorit Ratu Wilhelmina yang Ada Sejak 1677" selengkapnya


Seperti kebiasaan minum kopi panas contohnya. Seperti yang dijelaskan oleh Marko Obradovic, editor dari Pure Optical.

"Kafein ini bisa membuat mata menjadi dehidrasi yang menyebabkan kehilangan penglihatan," ungkapnya.

"Mengonsumsi terlalu banyak kopi atau minuman yang mengandung kafein lainnya, bisa memicu tingginya tekanan gula dalam darah Anda. Tentunya hal ini bisa menyebabkan gangguan penglihatan, atau kejang pada kelopak mata (mata berkedut)," jelas Marko.

Minum Kopi Panas Terlalu Sering Bisa Ganggu Kesehatan MataMinum Kopi Panas Terlalu Sering Bisa Ganggu Kesehatan Mata Foto: Site News

Meski tampak tidak berkaitan, ternyata tekanan tinggi pada mata bisa menyebabkan glaukoma, yang memiliki kaitan dengan konsumsi kopi sehari-hari, dan salah satu penyebab kebutaan di dunia.

Diketahui sebelumnya, glaukoma merupakan masalah mata yang lumrah terjadi, di mana saraf optik yang menghubungkan mata ke otak menjadi rusak.

Dalam studi pada tahun 2012, yang dilakukan oleh Harvard Medical School, mereka menemukan adanya kaitan antara meminum lebih dari tiga cangkir kopi, serta peningkatan pada glaukoma.

Ini terjadi ketika adanya penumpukan cairan di mata, yang meningkatkan tekanan pada saraf optik. Selain itu peneliti dari Harvard juga menemukan, bahwa peningkatan risiko mengembangkan glaukoma yang mengelupas ini lebih tinggi risikonya, pada orang-orang yang memiliki riwayat glaukoma dari keluarga.

Meski dari beberapa studi ini, menunjukkan adanya keterkaitan antara kopi dan perkembangan glaukoma. Tapi banyak yang menyarankan agar tak perlu khawatir, selama kopi diminum dalam jumlah dan takaran yang normal.

Pada beberapa studi contohnya, orang-orang disarankan untuk meminum kopi tak lebih dari tiga cangkir dalam sehari. Serta mengurangi penggunaan gula, susu dan krim yang berlebihan yang membuat kopi menjadi tak sehat.

Baca Juga: Minum Kopi Lebih Sehat dengan 6 Tips Gampang Ini" selengkapnya



Simak Video "Surga Belanja Souvenir Khas Aceh untuk Dibawa Pulang"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT