6 Makanan Ini Bikin Ngantuk, Bagus Dikonsumsi Ketika Insomnia

ADVERTISEMENT

6 Makanan Ini Bikin Ngantuk, Bagus Dikonsumsi Ketika Insomnia

Yenny Mustika Sari - detikFood
Minggu, 22 Jan 2023 05:00 WIB
ilustrasi ngantuk
Foto: thinkstock
Jakarta -

Banyak orang yang merasakan insomnia atau sulit tidur. Kondisi ini membuat penderitanya mudah kelelahan. Ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan kantuk.

Insomnia adalah kondisi ketika seseorang mengalami kesulitan tidur. Penyebabnya bisa dikarenakan kecemasan, stres, dan depresi.

Mereka yang menderita insomnia ini akan terjaga hingga larut malam. Hal ini membuat kualitas tidur memburuk dan pagi harinya akan bangun dalam keadaan lelah.

Dilansir dari Well and Good dan Clevel and Clinic, kalau ingin kualitas tidur membaik, bisa mengatasinya dengan beberapa makanan yang menyebabkan rasa kantuk. Mulai dari minum teh chamomile, cukup protein, hingga alpukat.

Baca Juga: Ikan Arwana Rp 5 Juta Digoreng Sang Anak, Pria Ini Hanya Bisa Pasrah

Berikut 6 makanan yang dapat menyebabkan kantuk:

1. Teh Chamomile

Jenis teh sangat beragam, ada yang berasal dari pucuk daun teh maupun bunga yang kerap disebut tisane. Salah satu jenis tisane populer terbuat dari bunga chamomile.

Teh chamomile ini memiliki manfaat yang dapat menenangkan tubuh. Maka baik dikonsumsi saat malam hari sebelum tidur. Serena Poon, seorang ahli nutrisi mengungkapkan, "Chamomile banyak memberikan manfaat lainnya, seperti zat antioksidan, senyawa fenolik, dan anti-inflamasi."

2. Alpukat

Manfaat AlpukatManfaat Alpukat Foto: iStock

Alpukat merupakan buah yang dapat dikonsumsi sebagai minuman maupun makanan. Diketahui kalau alpukat mengandung lemak tak jenuh dan zat antioksidan.

Poon juga menjelaskan bahwa alpukat baik dikonsumsi penderita insomnia karena dapat menyebabkan kantuk. "Alpukat adalah buah yang mengandung lemak tak jenuh di mana memproduksi serotonin, yang membantu kualitas tidur," jelas Poon.

3. Makanan Karbohidrat Kompleks

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks juga terbukti dapat menyebabkan rasa kantuk. Kamu bisa mencoba makanan karbohidrat kompleks ini jika kualitas tidur memburuk.

Makanan karbohidrat kompleks itu di antaranya adalah nasi merah dan makanan yang mengandung gandum. Seperti mie, roti, dan lainnya. Buah-buahan juga ada yang mengandung karbohidrat kompleks seperti apel dan buah berry.

Baca Juga: Perhatikan! Ini Lamanya Waktu Kafein Diserap Tubuh setelah Minum Kopi



Simak Video "Bikin Laper: Makan Aneka Lauk Disiram Sambel Dower"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT