5 Minuman Terbaik untuk Panjang Umur Menurut Pakar Kesehatan

ADVERTISEMENT

5 Minuman Terbaik untuk Panjang Umur Menurut Pakar Kesehatan

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Jumat, 13 Jan 2023 05:00 WIB
alasan untuk rutin minum jus buah bit
Foto: Getty Images
Jakarta -

Minuman sehat ini punya khasiat memperpanjang umur. Mudah didapat dan rasanya enak, inilah 6 minuman terbaik untuk panjang umur menurut dokter.

Jika ingin panjang umur, kamu perlu mengonsumsi makanan sehat yang nutrisinya mendukung kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Makanan tersebut sepatutnya membantu beragam fungsi tubuh dan menurunkan risiko penyakit kronis.

Selain makanan, konsumsi minuman sehat juga diperlukan. Sebagai cairan yang masuk ke tubuh, minuman juga wajib diperhatikan nutrisinya.

Mengutip Livestrong (12/1), para dokter dan ahli gizi mengungkap minuman sehat yang bisa bikin umur panjang. Berikut daftarnya:

1. Teh hijau

Antioksidan dalam teh hijau punya peran penting dalam mencegah penyakit kronis, menurut Harvard T.H. Chan School of Public Health. Mereka menetralisir radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan sel dan DNA.

Teh hijau juga mengandung senyawa lain berupa epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang dalam banyak penelitian terbukti memiliki efek menyehatkan jantung dan mencegah kanker, menurut National Institutes of Health (NIH). Dr. Eric Ascher dari Lenox Hill Hospital, New York mengatakan minum teh hijau bisa membantu seseorang panjang umur.

"Teh hijau mengandung senyawa yang dikenal sebagai EGCG yang dikaitkan dengan berkurangnya inflamasi dan pencegahan kanker berkat aktivitas antioksidannya," kata Dr. Ascher. Untuk menyeduh teh hijau sebaiknya tak sembarangan, ikuti cara ini untuk dapat manfaat maksimalnya.

2. Kopi

Sama-sama Kopi Hitam, Apa Bedanya Americano, Long Black, dan Kopi Tubruk?Foto: Getty Images/grandriver

Kabar baik untuk pencinta kopi. Mengonsumsi minuman favorit mereka juga bisa bikin panjang umur asalkan dikonsumsi dengan cara dan dalam jumlah yang tepat. Kopi diketahui tinggi kandungan polifenol, antioksidan, dan senyawa lain yang berkaitan dengan kesehatan otak dan jantung.

Minum kopi terbukti memiliki hubungan terbalik dengan semua penyebab kematian, menurut penelitian September 2022 dalam European Society of Cardiology. Dengan kata lain, semakin banyak kopi yang diminum seseorang selama penelitian, maka semakin rendah risiko kematian akibat sebab apa pun.

Penelitian dalam jurnal sama pada Mei 2022 juga menemukan konsumsi 3 cangkir kopi per hari bagus untuk kesehatan jantung. Dibanding partisipan yang tidak minum kopi, partisipan yang minum kopi sebanyak itu dikaitkan dengan risiko lebih rendah alami kematian akibat komplikasi jantung.

Dr Ascher mengatakan kamu harus berhati-hati dengan perasa dan bahan tambahan pada secangkir kopi. "Hati-hati dengan tambahan gula, krim, dan sirup perasa jika kamu minum kopi," ujarnya.

3. Air putih

Terlihat simpel tapi penuh manfaat, konsumsi air putih sehari-hari tak boleh disepelekan. Air putih membantu organ-organ tubuh menjalankan fungsinya dengan maksimal.

"Minum air putih membantu kita membuang limbah dan racun dari tubuh melalui urin, buang air besar, dan keringat. Ini membantu hampir semua organ kita berfungsi dengan baik," kata Dr. Ascher. "Jika kamu tidak menyukai rasanya, coba tambahkan rasa dengan perasan air lemon atau irisan buah segar," sarannya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT