Hobi Minum Susu Malam Hari? Ini Efeknya untuk Tubuh

ADVERTISEMENT

Hobi Minum Susu Malam Hari? Ini Efeknya untuk Tubuh

Atiqa Rana - detikFood
Selasa, 03 Jan 2023 19:30 WIB
Benarkah Minum Susu Picu Jerawat? Ini Kata Dokter Kulit
Foto: Getty Images/iStockphoto/Makidotvn
Jakarta -

Sebagian orang suka minum susu di malam hari. Biasanya hal ini sudah jadi kebiasaan, tapi apakah minum susu di malam hari menyehatkan tubuh? Berikut penjelasannya.

Beberapa orang mengalami gangguan sulit tidur. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu solusinya dengan konsumsi susu hangat sebelum tidur. Segelas susu hangat mampu membuat tubuh lebih rileks dan meningkatkan kualitas tidur.

Beberapa penelitian memang menunjukkan jika minum susu di malam hari bisa membantu tidur lebih nyenyak. Tetapi penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk mengetahui secara tepat bagaimana susu dapat mempengaruhi siklus tidur seseorang.

Lantas apakah memang minum susu di malam hari baik untuk kesehatan? berikut penjelasannya seperti dirangkum dari Times of India (20/12).

1. Minum Susu Baik atau Buruk Bagi Kesehatan?

minum susu bisa memicu timbulnya jerawatMinum susu malam secara perlahan bisa berdampak pada kondisi tuh. Foto: Getty Images/iStockphoto/eternalcreative

Ada sebagian orang yang mengonsumsi susu di malam hari sebagai rutinitas karena diyakini mampu meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan metabolisme, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Tetapi para ahli percaya jika praktik minum susu malam hari ini secara perlahan bisa berdampak pada kondisi tubuh, salah satunya penambahan berat badan.

Adapun dampak lainnya terhadap kesehatan, mulai dari masalah gangguan pencernaan hingga memperlambat metabolisme.

2. Minum Susu Dikaitkan dengan Sembelit

Menurut para ahli, minum susu malam hari dapat mempengaruhi pencernaan, sekalipun seseorang telah terbiasa mengonsumsi setiap hari.

Hal ini disebabkan karena setelah makan malam, kondisi perut biasanya sudah kenyang. Jika ditambah dengan minum susu hangat setelah makan berat, ini dapat membebani sistem pencernaan hingga menyebabkan penyakit sembelit.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT