Kopi Rendah Asam untuk yang Perutnya Sensitif, Ini Jenisnya

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Kopi Rendah Asam untuk yang Perutnya Sensitif, Ini Jenisnya

Atiqa Rana - detikFood
Minggu, 01 Jan 2023 07:30 WIB
Kopi Rendah Asam untuk yang Perutnya Sensitif, Ini Jenisnya
Foto: Getty Images/iStockphoto/Narong KHUEANKAEW
Jakarta -

Tak semua orang bisa minum kopi dengan bebas karena sensitif dengan keasaman kopi. Jika punya kondisi ini, lebih baik pilih kopi rendah asam.

Meskipun kopi disukai banyak orang, tetapi ada sebagian dari mereka yang punya perut sensitif terhadap kopi. Kopi merupakan minuman dengan kandungan asam yang bisa menyebabkan masalah terhadap pencernaan, mulai dari mulas, refluks asam, dan kembung,

Minum kopi dengan kafein tinggi bisa meningkatkan jumlah asam yang sudah ada dalam perut sehingga lebih mudah terjadinya kondisi perut mulas atau refluks asam.

Meskipun kopi punya banyak manfaat baik bagi tubuh, tetapi tetap minuman ini juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Efeknya akan lebih terasa terutama bagi mereka yang punya perut sensitif.

Jika ingin tetap minum kopi, bisa mencoba kopi yang lebih rendah tingkat keasamannya. Merangkum healthclevelandclinic.org ()08/10/2021, berikut jenis kopi rendah asam beserta penjelasannya.

1. Mengapa Kopi Bisa Membuat Sakit Perut

Ada Efek Samping, Ini Sebabnya Minum Kopi Berlebihan Bahaya untuk WanitaKandungan asam pada kopi bisa menyebabkan gejala mulas hingga kembung. Foto: Ilustrasi iStock

Kafein dan keasaman pada kopi menjadi penyebab utama perut terasa sakit. Andrea Dunn yang merupakan ahli gizi mengungkap jika kafein adalah stimulan alami yang bisa meningkatkan kontraksi di saluran pencernaan serta produksi asam lambung.

Kafein dan kandungan asam pada kopi sebenarnya tergantung dari jenis kopi yang dipilih. Ada kopi yang mengandung asam lebih tinggi, sementara ada juga yang lebih rendah.

Kopi dengan keasaman tinggi bisa mempercepat pencernaan makanan sehingga bisa sekaligus menyebabkan rasa mulas.

Jika punya perut yang lebih sensitif, lebih baik hindari kopi yang terbuat dari biji kopi arabika dan kopi dengan tingkat pemanggangan ringan.

2. Pilihan Kopi Rendah Asam

Kopi Rendah Asam untuk yang Perutnya Sensitif, Ini JenisnyaSalah satu kopi rendah asam adalah chicory coffee blends yang dikenal memiliki manfaat kesehatan Foto: Getty Images/iStockphoto/Narong KHUEANKAEW

Tak perlu bingung mencari kopi rendah asam karena ada beberapa pilihan kopi yang bisa dicoba. Contohnya kopi dengan biji yang dipanggang sampai gelap atau dark roasted coffee. Kopi jenis ini cenderung kurang asam karena mengandung lebih sedikit senyawa yang menyebabkan sel lambung memproduksi asam.

Adapun biji espresso yang asamnya akan berkurang saat proses brewing atau penyeduhan yang singkat.

Jika ingin kopi dingin, bisa juga mencoba cold brew yang dibuat dengan seduhan bubuk kopi selama 12 hingga 24 jam dalam air dingin. Proses penyeduhan yang lama dengan suhu minuman yang lebih dingin pada akhirnya akan menghasilkan rasa pahit dan sedikit rasa asam.

Pilihan lain yaitu chicory coffee blends yang dikenal memiliki manfaat kesehatan terhadap kondisi tubuh. Campuran kopi ini dapat mengurangi peradangan.

Kopi chicory sudah dikenal sejak tahun 1800 an yang dibuat dari akar tanaman chicory. Tanaman tersebut akan dipanggang, digiling, dan diseduh hingga menjadi minuman kopi.



Simak Video "Melihat Proses Pembuatan Kopi Toraja Secara Tradisional"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT