5 Cara Meredakan Rasa Cemas dan Gelisah Usai Minum Kopi

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

5 Cara Meredakan Rasa Cemas dan Gelisah Usai Minum Kopi

Sonia Basoni - detikFood
Sabtu, 31 Des 2022 07:00 WIB
5 Cara Meredakan Rasa Cemas dan Gelisah Usai Minum Kopi
Foto: Ilustrasi iStock
Jakarta -

Pada beberapa ngopi bisa memicu rasa gelisah, cemas dan tak nyaman. Ada beberapa cara untuk menghindari efek ini usai ngopi.

Setiap orang memiliki reaksi yang berbeda pada kopi. Ada yang baik-baik saja usai minum kopi, ada yang merasa tubuhnya lebih berenergi dan semangat usai ngopi, tapi ada juga yang justru merasa cemas dan gelisah.

"Hal ini disebabkan karena Kafein adalah stimulan alami dan salah satu efek utamanya adalah memblokir reseptor adenosin yang pada akhirnya menyebabkan peningkatan dopamin, noradrenalin, dan glutamat," ungkap ahli gizi Lamorna Hollingsworth.

Dalam sistem kardiovaskular, kondisi tersebut menyebabkan peningkatan tekanan darah dan detak jantung seseorang. Sementara dalam sistem saraf pusat, dosis kafein yang lebih rendah memang bisa meningkatkan aktivitas motorik dan kewaspadaan, tetapi mengonsumsi dosis yang lebih tinggi dapat menghasilkan gejala kecemasan.

Karena itu banyak ahli kesehatan yang menyarankan untuk mengurangi asupan kopi secara berkala.

Selain itu untuk meredakan atau mencegah efek ini, ada lima cara yang bisa diperhatikan ketika akan ngopi, dilansir dari NWPhysicians (30/12).

Baca Juga: Minum Kopi Baik atau Buruk untuk Ginjal? Ini Kata Pakar" selengkapnya

1. Kualitas Kopi

5 Cara Meredakan Rasa Cemas dan Gelisah Usai Minum Kopi5 Cara Meredakan Rasa Cemas dan Gelisah Usai Minum Kopi Foto: Ilustrasi iStock

Kebanyakan kopi memiliki rasa pahit, karena kopi ini sudah disangrai. Perlu diingat, bahwa kopi yang berkualitas rasanya tidak terlalu pahit. Tapi jika rasa kopi tidak enak, sampai harus ditambahkan cream, gula dan sebagainya, artinya kualitas kopi sudah tidak terlalu bagus.

Untuk memastikan kopi yang dibeli masih dalam keadaan segar, sebaiknya beli bubuk kopi dari tempat yang menggiling biji kopi sendiri. Atau bisa mulai beli biji kopi, dan mengolahnya di rumah dengan cara sederhana.

2. Perbaiki Pola Tidur

Semakin sedikit waktu tidur yang dinikmati, orang akan semakin membutuhkan kopi. Efek dari kopi ini tentu saja membuat orang lebih susah tidur. Efek stimulan yang didapatkan dari kafein ini berasal dari pelepasan senyawa noradrenalin ke kelenjar adrenal, yang letaknya tepat di atas ginjal.

Saat kelenjar ini tidak mendapatkan istirahat yang cukup dari tubuh, tentunya akan membuat tubuh lebih cepat lelah. Sehingga muncul efek-efek seperti rasa gelisah dan cemas.

Pastikan istirahat yang cukup, sehingga adrenal dalam tubuh bisa pulih. Agar tetap bisa ngopi tanpa mengalami efek samping yang parah di tubuh.

3. Banyak Minum Air Putih

young beautiful woman by the window at home drinking water. LifestyleIlustrasi minum air. Foto: Getty Images/iStockphoto/Eva Blanco

Penggemar kopi sering melupakan kebiasaan yang penting ini, yaitu tetap minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi. Terutama di pagi hari, sebaiknya minum dulu dua gelas air putih sebelum mulai ngopi.

Karena kopi ini memiliki sifat diuretik yang membuat orang lebih sering buang air kecil. Sehingga jika tidak ditopang dengan asupan dari air putih, lama kelamaan tubuh akan mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan.



Simak Video "Bikin Laper: Mukbang Pempek All You Can Eat di PIK Auto Kenyang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT