Kopi Baik Dikonsumsi untuk Diet Hingga Punya Beragam Mitos Kesehatan

ADVERTISEMENT

Kopi Baik Dikonsumsi untuk Diet Hingga Punya Beragam Mitos Kesehatan

Yenny Mustika Sari - detikFood
Rabu, 16 Nov 2022 16:33 WIB
7 Manfaat Kopi untuk Turunkan Berat Badan Lebih Efektif!
Foto: Getty Images/iStockphoto/marcociannarel
Jakarta -

Kopi dinikmati sebagai minuman yang menyehatkan tubuh karena bermanfaat dalam diet. Selain itu, ada banyak mitos tentang minum kopi bagi kesehatan tubuh.

Minuman dengan cita rasa pahit ini mengandung kafein tinggi yang menyimpan sejumlah manfaat bagi tubuh. Menurut USDA, kandungan kafein pada 100 gram kopi sebanyak 40 miligram.

Kandungan kafein yang tinggi pada kopi membuat minuman ini memiliki batas maksimal untuk mengonsumsinya. Menurut Mayo Clinic, batas asupan kafein yang aman untuk orang dewasa adalah 400 miligram kafein per hari.

Baca Juga: Slurrpp! Ini 5 Manfaat Minum Kopi Hitam Bagi Kesehatan

Sama-sama Kopi Hitam, Apa Bedanya Americano, Long Black, dan Kopi Tubruk?kopi Foto: Getty Images/grandriver

Pada satu cangkir kopi sekitar 237 mililiter terdapat kandungan kafein sebesar 96 miligram. Artinya, orang dewasa aman mengonsumsi kopi sebanyak 4 cangkir per harinya.

Kafein yang terdapat pada kopi dapat membantu tubuh dalam meningkatkan imunitas. Selain itu, kafein juga berperan dalam metabolisme yang mampu membakar lemak saat menurunkan berat badan. Waktu terbaik mengonsumsi kopi adalah pada pagi hari atau sebelum berolahraga.

Manfaat lain dari kopi juga disebutkan oleh beberapa sumber. Kopi dapat memberikan manfaat pada kesehatan jantung, hati, hingga membuat umur panjang, seperti dikutip dari Hopkins Medicine.

Baca Juga: 8 Manfaat Kopi yang Menyehatkan, Cegah Selulit hingga Jerawat

Kopi bisa bikin bahagia para penikmatnyaKopi bisa bikin bahagia para penikmatnya Foto: Getty Images/iStockphoto

Penggemar kopi juga percaya kalau mengonsumsi minuman kopi dapat meningkatkan energi. Oleh karenanya, mereka tak pernah bisa lepas dari secangkir kopi. Biasanya mereka konsumsi di waktu pagi dan sore hari.

Di antara banyaknya manfaat yang diberikan kopi terhadap tubuh, ada juga beberapa mitos yang berkaitan dengan kesehatan. Salah satunya, disebutkan kalau pria yang mengonsumsi 2-3 cangkir per hari bisa lebih mudah mempertahankan ereksi.

Ada juga mitos lain yang berkaitan dengan payudara wanita. Sebuah studi yang dikutip dari NicsWell menemukan bahwa 3 cangkir kopi dapat membuat payudara menyusut. Mitos lain tentang kopi juga banyak beredar.

Selain racikan kopi hitam polos tanpa gula yang memberikan manfaat, kopi juga dapat dikombinasikan dengan rempah-rempah. Seperti ditambahkan kayu manis, jahe, dan lainnya.

Baca Juga: 7 Mitos Efek Minum Kopi yang Sebaiknya Tak Usah Dipercaya



Simak Video "Melihat Proses Pembuatan Kopi Toraja Secara Tradisional"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT