5 Manfaat Kopi Untuk Jaga Kesehatan Mental dan Aturan Konsumsinya

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

5 Manfaat Kopi Untuk Jaga Kesehatan Mental dan Aturan Konsumsinya

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 27 Des 2022 07:30 WIB
5 Manfaat Kopi Untuk Jaga  Kesehatan Mental dan Aturan Konsumsinya
Foto: Getty Images/iStockphoto/Schwede-Photodesign
Jakarta -

Kopi tidak hanya dapat membantu memproduksi energi saja. Konsumsi kopi yang tepat diungkapkan ahli dapat menjaga kesehatan mental. Ini khasiatnya!

Minum kopi dipercaya oleh orang dewasa dapat meningkatkan energi secara instan. Kandungan kafeinnya selalu menjadi andalan terutama ketika pagi hari sebelum memulai aktivitas.

Ternyata manfaat yang diberikan oleh kopi tak hanya melalui kandungan kafeinnya saja. Ada banyak komponen aktif di dalam kopi yang bermanfaat hampir untuk seluruh tubuh.

Salah satunya adalah menjaga kesehatan mental dengan membantu mengelola stres. Jika mengikuti takaran yang tepat, minum kopi secara rutin dapat membantu memberikan suasana hati yang lebih bahagia.

Berikut ini 5 manfaat konsumsi kopi untuk kesehatan mental menurut Artisan coffee:

5 Manfaat Kopi Untuk Jaga  Kesehatan Mental dan Aturan KonsumsinyaSelain kafein, kopi juga tinggi akan kandungan antioksidan. Foto: Getty Images/iStockphoto/Schwede-Photodesign

1. Kaya akan antioksidan

Banyak penelitian ahli yang menunjukkan bahwa banyak orang yang berhasil bangkit dari depresi dan kesedihan dipengaruhi oleh kadar antioksidan. Tak bisa dipungkiri bahwa kadar antioksidan sangat berpengaruh pada kesehatan mental seseorang.

Kopi menjadi salah satu asupan yang dinobatkan dengan kadar antioksidan paling tinggi. Bahkan hal ini sudah disetujui oleh ahli kesehatan dan peneliti di negara-negara Barat.

Asupan antioksidan yang tinggi diperlukan untuk membuat otak lebih stabil mengatur suasana hati. Tak heran jika minum kopi juga membuat penikmatnya lebih bersemangat.

2. Mengandung komponen antiinflamasi

Rata-rata pasien dengan keluhan kesehatan mental terdeteksi memiliki inflamasi yang tinggi pada darahnya. Makan obat seperti Selective Serotonin Reuptake Inhibitors (SSRI) akan diberikan kepada pasien-pasien psikiater.

Tetapi menurut penelitian yang telah dilakukan, kopi memiliki efek antiinflamasi yang tak bisa dikesampingkan. Konsumsi kopi dapat membantu menurunkan intensitas depresi dan perasaan stres negatif lainnya.

"Penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi secara signifikan lebih rendah mengalami stres daripada orang-orang yang tidak minum kopi. Kopi memiliki dampak yang positif pada kesehatan mental yang terkait dengan antiinflamasi, antioksidatif dan komponen mikrobiota," kata dr. Alan Leviton selaku ahli dari Harvard University.

Manfaat konsumsi kopi untuk kesehatan mental lainnya ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Sensasi Menjajal Malatang, Makanan Asal China dengan Rempah Melimpah"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT