Ini 3 Alasan Ilmiah Mengapa Minum Kopi Bisa Memicu Rasa Bahagia

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk

Ini 3 Alasan Ilmiah Mengapa Minum Kopi Bisa Memicu Rasa Bahagia

Riska Fitria - detikFood
Kamis, 29 Des 2022 07:30 WIB
Kopi
Foto: iStock
Jakarta -

Banyak orang yang merasakan bahwa setelah minum kopi dirinya lebih bahagia dan lebih produktif. Ternyata ada alasan ilmiahnya.

Kopi populer sebagai minuman di pagi hari yang menyehatkan. Hal tersebut karena kopi mengandung nutrisi dan senyawa antioksidan, seperti kafein misalnya.

Manfaatnya tidak hanya dirasakan secara fisik tetapi juga mental. Sebab banyak orang yang merasa jauh lebih bahagia setelah minum kopi. Bukan hanya sugesti, tetapi ada penjelasan ilmiahnya.

Dikutip dari Inc (13/01) berikut 3 alasan ilmiah mengapa kopi membuat lebih bahagia:

1. Kopi Meningkatkan Energi

KopiKopi meningkatkan energi. Foto: iStock

Manfaat kopi yang bisa meningkatkan energi menjadi alasan pertama mengapa minum kopi bisa membuat seseorang menjadi lebih bahagia. Dan hal tersebut merupakan peran dari kafein.

Kafein bekerja untuk memblokir adenosis, neurotransmitter yang menyebabkan kantuk. Ini bisa mengikat reseptor adenosin yang menyebabkan sel-sel saraf terangsang.

Hasilnya, kelenjar pituitari di dekat otak akan melepaskan hormon yang menyebabkan kelenjar adrenal memproduksi adrenalin. Meskipun begitu, tidak disarankan minum kopi di waktu sore.

Itu karena kafein memiliki waktu aktif sekitar enam jam. Jika diminum di waktu sore yang mana berdekatan dengan waktu tidur maka bisa mengganggu pola tidur.

2. Kopi Meningkatkan Fungsi Otak

KopiKopi meningkatkan fungsi otak. Foto: iStock

Kopi berkhasiat untuk meningkatkan fungsi otak. Manfaatnya ini juga berperan untuk membuat seseorang merasa lebih bahagia, bahkan lebih produktif dari biasanya.

Adrenalin yang dihasilkan usai minum kopi dapat membuat kita bernapas lebih mudah. Itu karena saluran pernapasan lebih terbuka, sehingga membuat kadar oksigen dalam aliran darah menjadi meningkat.

Kondisi itulah yang kemudian memengaruhi fungsi otak secara positif. Dengan begitu, kita dapat berpikir lebih jernih dan bisa membuat keputusan lebih cepat dan lebih tepat.

3. Kopi Mengurangi Depresi

KopiKopi mengurangi depresi. Foto: iStock

Minum kopi dapat membuat seseorang lebih bahagia karena khasiatnya yang bisa menurunkan tingkat depresi seseorang. Ini bahkan telah dibuktikan lewat sebuah penelitian.

Dalam penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum kopi 20% lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami depresi dan 53% lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal karena bunuh diri.

Salah satu alasannya adalah karena kafein dalam kopi menyebabkan tubuh meningkatkan tingkat dopamin di otak. Dopamin adalah senyawa kimia yang membuat seseorang merasa bahagia.



Simak Video "Jendral Dudung Nyanyi dan Joget 'Ayo Kita Ngopi' Bareng Prajurit"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT