3 Tips Mudah Agar Berat Badan Tetap Stabil Setelah Diet

ADVERTISEMENT

3 Tips Mudah Agar Berat Badan Tetap Stabil Setelah Diet

Sonia Basoni - detikFood
Jumat, 23 Des 2022 05:00 WIB
3 Tips Mudah Agar Berat Badan Tetap Stabil Setelah Diet
Foto: Site News
Jakarta -

Menurunkan berat badan memang tidak mudah, tapi lebih sulit mempertahankan berat badan usai diet. Berikut tips dan triknya agar berat badan tetap stabil.

Banyak cara untuk membuat penurunan berat badan bersifat permanen, dan tidak melonjak tinggi setelah berhenti diet. Seperti saran dari Angela Borges, ahli gizi asal Australia, yang ahli dalam memberikan tips untuk mempertahankan berat badan dengan pola makan sehat.

"Penurunan berat badan itu 90% lebih ke mental, baru 10% fisik. Kita tidak bisa menciptakan gaya hidup yang sehat, dengan pola pikir yang buruk," ungkap Angela.

Berikut tiga tips sehat mempertahankan pola makan sehat agar berat badan tetap stabil usai diet.

Baca Juga: Sering Lakukan 5 Kesalahan Pola Makan Ini Bisa Bikin Gagal Diet" selengkapnya


1. Konsisten

3 Tips Mudah Agar Berat Badan Tetap Stabil Setelah Diet3 Tips Mudah Agar Berat Badan Tetap Stabil Setelah Diet Foto: Site News

Menurut Angela yang paling penting dan pertama adalah konsistensi. Dibandingkan berusaha menghadirkan pola makan sehat yang sempurna.

"Gampang untuk melakukan hal yang sulit ketika Anda sedang merasa termotivasi, tapi mudah juga untuk meninggalkan semua kebiasaan ini setelah motivasinya hilang," ungkap Angela.

Jadi orang-orang disarankan untuk tetap konsisten, dengan pendekatan '80/20'. Artinya 80% diharapkan kita tetap konsisten makan sehat dalam berbagai kesempatan, baru 20% sisanya adalah waktu untuk orang-orang menikmati makanan kesukaan mereka.

2. Buat Peraturan untuk Diri Sendiri

Selain konsistensi untuk makan sehat, Angela juga menyarankan agar orang-orang membuat peraturan yang tidak bisa dinegosiasikan atau diubah. Jadi apapun yang terjadi, peraturan ini harus tetap dilaksanakan setiap harinya.

"Kalau orang-orang ingin mengubah gaya hidup sehat, kalian harus membuat peraturan yang tidak bisa dingeosisaikan lagi. Misalnya wajib makan lima jenis buah dan sayuran yang berbeda setiap harinya, atau jalan kaki sebanyak 10 ribu langkah," ungkapnya.

Apapun peraturan yang dibuat oleh diri sendiri, Angela menyebut orang-orang harus mematuhinya agar berat badan tetap stabil meski sudah tak diet.

3. Lihat Kegagalan sebagai Masukan

3 Tips Mudah Agar Berat Badan Tetap Stabil Setelah Diet3 Tips Mudah Agar Berat Badan Tetap Stabil Setelah Diet Foto: Site News

"Kalau ada beberapa hal yang tidak berjalan sesuai rencana, bisa kita jadikan masukan dan pembelajaran, di bagian mana gagalnya. Alih-alih langsung menyerah, dan memilih untuk menyantap makanan yang tak sehat," tuturnya.

Menurut Angela, pola pikir ini sangat penting kehidupan seseorang. Selain konsisten dan buat peraturan yang harus dilakukan setiap hari, menyiapkan makanan sehat atau meal prep juga bisa jadi alternatif agar lebih mudah makan sehat.

Karena dengan mempersiapkan makanan selama seminggu atau beberapa hari ke depan. Orang-orang tidak perlu lagi repot-repot menyiapkan makanan, terutama makanan sehat. Sehingga opsi makan di luar, atau beli makanan yang tak sehat jadi berkurang.

Baca Juga: Sehat Kah Makan Mie Instan Saat Diet? Ini Penjelasannya" selengkapnya



Simak Video "Inspirasi Menu Diet Sehat yang Tak Bikin Bosan"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT