ADVERTISEMENT

Sering Lakukan 5 Kesalahan Pola Makan Ini Bisa Bikin Gagal Diet

Riska Fitria - detikFood
Selasa, 06 Sep 2022 08:00 WIB
Kesalahan saat diet
Foto: iStock
Jakarta -

Pola makan sangat berpengaruh saat diet. Tanpa disadari beberapa kesalahan pola makan ini dapat membuat diet gagal total.

Mencoba menurunkan berat badan dengan cara yang sehat, jangka panjang dan berkelanjutan terkadang bisa bikin frustasi. Sebab setiap orang punya kebutuhan sendiri.

Maksudnya, pola makan saat diet harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh masing-masing. Namun hati-hati, ada beberapa pola makan yang ternyata bisa bikin diet gagal.

Dikutip dari Yahoo.com (02/09/22) berikut 5 kesalahan pola makan saat diet:

1. Makan Makanan Sehat Berlebihan

Kesalahan saat dietMakan makanan sehat berlebihan juga tidak baik. Foto: iStock

Makan makanan sehat memang hal baik, dan ini bisa jadi kunci sukses untuk menurunkan berat badan. Namun ternyata, makan makanan sehat berlebihan juga tidak baik.

Misalnya seperti kacang-kacangan, hummus dan alpukat yang kaya akan nutrisi. Makanan itu mengandung lemak sehat dan kalori. Namun ahli gizi menyebutkan jumlah kalorinya tinggi.

Bahkan lebih tinggi daripada karbohidrat atau protein lainnya. "Ukuran porsi adalah kunci ketika ingin mencoba menurunkan berat badan," ujar ahli gizi Amu Goodson.

Baca Juga: 6 Tips Hemat dan Sederhana untuk Diet Sehat Jangka Panjang

2. Kurang Mengasup Protein

Kesalahan saat dietMakan cukup protein bisa membuat kamu kenyang sepanjang hari sehingga mendorong untuk tidak ngemil sembarangan. Foto: iStock

Protein merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan saat diet. Makan cukup protein bisa membuat kamu kenyang sepanjang hari sehingga mendorong untuk tidak ngemil sembarangan.

"Protein sangat penting untuk menurunkan berat badan karena membantu meluruhkan lemak dan membantu otot. Tapi sayangnya banyak orang yang kekurangan protein," tutur ahli gizi Courtney.

Kesalahan karena tidak makan cukup protein ini sering kali berasal dari orang yang percaya bahwa protein bisa membuat berat badan naik. Padahal itu tidak benar.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT