Hindari Konsumsi 5 Makanan dan Minuman Ini Saat Sakit, Kopi hingga Permen

ADVERTISEMENT

Hindari Konsumsi 5 Makanan dan Minuman Ini Saat Sakit, Kopi hingga Permen

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 20 Des 2022 06:00 WIB
Permen
Foto: iStock
Jakarta -

Saat sedang sakit, tubuh memerlukan makanan bergizi seimbang untuk pemulihan. Ada makanan dan minuman yang juga harus dihindari, seperti kopi dan permen.

Tubuh tak boleh sembarangan mengonsumsi makanan saat sedang sakit. Makanan yang baik dikonsumsi tentu saja yang sehat dan bergizi seimbang. Biasanya, orang sakit juga dianjurkan mengonsumsi makanan yang lunak.

Dilansir dari Live Strong (11/12), ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari saat sedang sakit. Seperti dilarang mengonsumsi kopi, yogurt, hingga permen.

Baca Juga: Sebenarnya Apa Manfaat Sarapan? Ini 5 Fakta Sarapan dari Para Ahli

Berikut 5 makanan dan minuman yang harus dihindari saat sakit:

1. Kopi

Unik! Kafe Baru di Senopati ini Tawarkan Kopi Cocktail dan MocktailUnik! Kafe Baru di Senopati ini Tawarkan Kopi Cocktail dan Mocktail Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Kopi biasanya dikonsumsi oleh penikmatnya saat pagi hari atau sarapan. Kandungan kafeinnya dapat meningkatkan energi. Minuman yang bisa memberikan manfaat kesehatan ini justru tak boleh dikonsumsi saat sakit.

Menurut Largeman-Roth, seorang ahli diet mengatakan kalau minum kopi untuk sarapan tidak akan memberikan makanan atau nutrisi yang dibutuhkan untuk sehat kembali. Selain itu, kafein justru dapat membuat dehidrasi, sementara tubuh yang terhidrasi dengan baik adalah kunci dari pemulihan.

Kopi juga diketahui mengandung asam yang cukup tinggi. Minuman bercita rasa pahit ini tak baik dikonsumsi untuk mereka yang sakit perut.

2. Yogurt

Yogurt juga kerap dikonsumsi sebagai menu sarapan oleh sebagian orang. Makanan yang terbuat dari susu ferementasi dengan bakteri ini menghasilkan asam laktat. Makanan yang asam juga tak baik dikonsumsi saat sedang sakit.

Largeman-Roth juga menjelaskan kalau yogurt tak baik unuk mereka yang mengalami dahak. "Meskipun itu adalah makanan pokok yang sehat dan merasa sehat, yogurt tak baik dikonsumsi saat batuk atau ketika memiliki banyak lendir (dahak) yang dapat memperburuk gejala tersebut," ungkap Largeman-Roth.

Baca Juga: Sarapan Apel atau Kopi, Mana Lebih Sehat?



Simak Video "Mujarab! Ramuan Rempah Ini Bisa Atasi Migrain"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT