Kopi Bisa Kurangi Risiko Demensia Jika Dikonsumsi Rutin

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Kopi Bisa Kurangi Risiko Demensia Jika Dikonsumsi Rutin

Yenny Mustika Sari - detikFood
Rabu, 30 Nov 2022 08:00 WIB
Manfaat kopi untuk mengurangi risiko demensia atau pikun
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Rutin mengonsumsi kopi dapat memberikan manfaat bagi lansia. Dikarenakan, kopi dapat mengurangi risiko demensia (penurunan daya ingat). Ini kata ahli!

Kopi merupakan minuman yang disukai banyak orang karena rasa nikmatnya. Kalau ingin merasakan manfaat kesehatan dari kopi, konsumsi minuman ini dengan racikan polos tanpa tambahan gula.

Minum kopi secara rutin memberikan manfaat bagi kesehatan. Seperti meningkatkan imunitas tubuh hingga menurunkan berat badan. Kopi juga dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan lansia. Karena salah satu manfaatnya adalah mengurangi risiko demensia.

Baca Juga: Diserbu Pembeli! Bakso Beranak dan Mercon Super Jumbo di Denpasar

Manfaat kopi untuk mengurangi risiko demensia atau pikunManfaat kopi untuk mengurangi risiko demensia atau pikun Foto: Getty Images/iStockphoto

Dilansir dari Longevity Technology (29/11), manfaat kopi untuk mengurangi risiko demensia ini diungkapkan oleh beberapa ahli. Demensia sendiri didefinisikan sebagai gejala yang terkait dengan penurunan fungsi otak, yaitu daya ingat.

Dr Deborah Lee dari Dr Fox Online Pharmacy menyebutkan kalau minum kopi dapat menurunkan risiko demensia hingga 65 persen. Sebuah penelitian pada tahun 2010 juga menemukan bahwa minum sekitar dua hingga tiga cangkir kopi setiap hari dapat menjaga kesehatan otak.

Menurut Dr Lee, penelitian ini menemukan bahwa efek untuk mencegah demensia itu mungkin karena berasal dari kafein yang mengandung zat antioksidan kuat. Neuron otak sangat rentan terhadap stres oksidatif, yang menyebabkan peradangan saraf. Kemudian, proses ini menghasilkan perbaikan DNA yang terganggu, kerusakan sel saraf, dan menghancurkan mitokondria.

Baca Juga: Karen's Diner Jakarta Buka Lowongan, Syaratnya Disebut Mirip Stand Up Comedy

Manfaat kopi untuk mengurangi risiko demensia atau pikunManfaat kopi untuk mengurangi risiko demensia atau pikun Foto: Getty Images/iStockphoto

Selain itu, pemanggangan biji kopi dapat menghasilkan vitamin B3 hingga asam klorogenat. Kandungan ini memainkan peran yang beragam dalam kesehatan otak dan pengelolaan gula darah.

Penelitian yang dilakukan oleh Tianjin Medical University mengamati orang sehat dalam rentang usia 50-74 tahun yang mengonsumsi 2-3 cangkir kopi atau 3-5 cangkir teh setiap hari. Kemudian, mereka juga mengonsumsi 4-6 cangkir kopi dan teh dalam sehari. Hasilnya, risiko demensia dan stroke berkurang.

Dalam beberapa penelitian juga menyebutkan kalau mengonsumsi flavonoid lebih tinggi dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena Alzheimer. Flavonoid ini banyak terkandung pada kopi berfungsi dalam melindungi sel-sel otak dari cedera, mengurangi peradangan otak, dan lainnya.

Baca Juga: 5 Ustaz Ini Dikritik Netizen karena Berikan Ajaran 'Sesat' soal Makanan



Simak Video "Melihat Proses Pembuatan Kopi Toraja Secara Tradisional"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT