Alat Masak Aluminium Disebut Berisiko bagi Kesehatan, Ini 5 Sebabnya

ADVERTISEMENT

Alat Masak Aluminium Disebut Berisiko bagi Kesehatan, Ini 5 Sebabnya

Atiqa Rana - detikFood
Kamis, 10 Nov 2022 11:30 WIB
Alat Masak Aluminium Disebut Berisiko bagi Kesehatan, Ini 5 Sebabnya
Foto: Getty Images
Jakarta -

Banyak orang menggunakan alat masak berbahan aluminium. Namun penggunaannya perlu diperhatikan karena bisa jadi menimbulkan risiko berbahaya bagi kesehatan.

Beberapa dapur rumah tangga memiliki alat masak yang terbuat dari bahan aluminium. Alat masak ini sering dipilih karena punya kualitas yang dianggap bagus dan harganya juga terjangkau.

Meskipun begitu, beberapa penelitian pernah menyoroti bagaimana alat masak aluminium tersebut dapat mendatangkan risiko berbahaya bagi kesehatan. Menggunakannya terlalu sering bisa mempengaruhi otak hingga ginjal.

Merangkum Times of India (09/11), ini alasan mengapa alat masak aluminium dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh,

1. Mengapa Alat Masak Aluminium Harus Dihindari

Alat Masak Aluminium Disebut Berisiko bagi Kesehatan, Ini 5 SebabnyaBeberapa penelitian menemukan bahaya yang ditimbulkan dari memasak menggunakan alat yang terbuat dari aluminium. Foto: Getty Images

Bahan aluminium banyak ditemukan dalam beberapa alat makan atau alat masak. Alat tersebut bisa ditemukan dalam panci, botol air minum, hingga pembungkus makanan seperti aluminium foil.

Ada beberapa penelitian yang menyoroti bagian dimana peralatan masak aluminium tersebut dapat menimbulkan risiko berbahaya bagi kehidupan.

Ini bisa terjadi karena ketika makanan dimasak dalam panci aluminium, sekitar 1-2 mg logam bercampur dengan makanan tersebut. Tanpa disadari, campuran tersebut mampu menimbulkan risiko berbahaya termasuk penyakit demensia, alzheimer, hingga penyakit ginjal.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkap bahwa rata-rata orang dewasa dapat mengonsumsi sekitar 5 mg aluminium/hari dari makanan dari makanan dan kadar 0,1 mg/liter aluminium dari minuman.

Jika seseorang mengonsumsi jumlah lebih dari itu, maka bisa menimbulkan ancaman serius.

2. Mempengaruhi Jaringan Otak

Bahan aluminium memang sering ditemukan pada peralatan masak dan makan sehari-hari. Tetapi, logam tersebut bisa mempengaruhi jaringan otak.

Menurut beberapa penelitian terbaru, memasak dengan peralatan aluminium dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit Alzheimer.

Sementara penelitian lain juga menemukan, ada peningkatan kadar aluminium di jaringan otak pada beberapa pasien yang menderita penyakit Alzheimer dan demensia Parkinsonisme.

Meski penelitian lebih lanjut perlu dilakukan, tetapi tidak ada yang salah untuk mencoba mengurangi pemakaian alat makan dan masak dari aluminium tersebut.



Simak Video "Bikin Laper: Jalan-jalan ke Thailand, Nikmati Kuliner Malam"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT