ADVERTISEMENT

5 Racikan Teh Ini Direkomendasikan Ahli untuk Orang yang Lagi Sedih

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 05 Nov 2022 05:00 WIB
Pencinta Teh, Ini 7 Mitos dan Fakta Populer Soal Minuman Favoritmu
Foto: Getty Images/iStockphoto/venuestock
Jakarta -

Teh selama ini identik dengan minuman yang menyehatkan. Beberapa jenis teh ternyata direkomendasikan untuk menghalau rasa sedih. Cek daftarnya!

Teh populer dengan minuman herbal yang hangat dan menyehatkan. Selama ini teh dikenal sebagai minuman yang cocok untuk menghangatkan tubuh dan mengatasi gejala sakit.

Ternyata selain menghangatkan, beberapa ahli gizi menyebut bahwa teh juga bisa membuat hati lebih bahagia. Beberapa jenis teh diungkapkan cocok untuk dikonsumsi bagi mereka yang sedang bersedih.

Tanpa perlu healing jauh-jauh, cukup seruput teh yang hangat untuk relaksasi hati dan pikiran. Cek daftarnya dan buktikan sendiri jenis teh yang direkomendasikan oleh ahli.

Berikut ini 5 jenis teh yang bisa bikin bahagia menurut Well + Good:

5 Cara Minum Teh Hijau yang Benar agar Manfaatnya MaksimalKandungan asam amino dalam teh hijau ampuh untuk meredakan stres. Foto: Getty Images

1. Teh hijau

Ketika merasa sedih salah satu faktornya disebabkan oleh energi yang terkuras dan imunitas tubuh yang sedang melemah. Pada kondisi ini tubuh membutuhkan asupan antioksidan untuk menguatkan kembali sistem imun secara alami.

Teh hijau maupun matcha yang berasal dari tanaman camellia sinensis memiliki kandungan kafein sekaligus antioksidan yang baik untuk tubuh. Tak hanya menjaga imun tetap kuat tetapi juga dapat memperbaiki suasana hati ketika merasa sedih.

Hal ini lantaran komponen asam amino yang telah terbukti melalui penelitian dapat meningkatkan perasaan bahagia. Menurut psikiatri Daniel Amen, teh hijau sering direkomendasikan untuk pasien dengan gangguan kecemasan atau orang yang merasa stres.

2. Teh chamomile

Sudah sejak lama, teh chamomile dipercaya sebagai ramuan 'penenang'. Terbuat dari bunga chamomile ada aroma dan rasa yang menenangkan hanya dengan tegukan pertama saja.

Neka Pasquela selaku ahli pengobatan herbal bahwa baik pada kepercayaan herbal di negara Barat, pengobatan traditional China hingga Ayurveda di India mempercayai khasiat dari chamomile. Bunga chamomile disebutkan juga dapat menjadi campuran sup ayam untuk memulihkan tubuh yang sakit.

Teh chamomile cocok untuk dikonsumsi ketika tubuh mulai terasa kehabisan energi atau kehilangan fokus. Konsumsi teh chamomile secara rutin juga dapat mengatasi keluhan pada paru-paru, jantung hingga perut dan pencernaan.

Teh yang bisa bikin bahagia lainnya ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Takaran Gula Tambahan yang Aman Dikonsumsi dalam Sehari"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT