ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Orang Usia Lanjut Dianjurkan Rutin Minum Kopi, Ini 4 Alasannya

Sonia Basoni - detikFood
Jumat, 04 Nov 2022 07:30 WIB
Orang Usia Lanjut Dianjurkan Rutin Minum Kopi, Ini 4 Alasannya
Foto: Getty Images/izusek
Jakarta -

Minum kopi tak hanya punya manfaat sehat untuk anak muda saja. Tetapi orang usia lanjut juga dianjurkan minum kopi karena 4 alasan ini.

Jika konsumsi kopi dilarang untuk anak-anak yang berusia di bawah 12-15 tahun. Kopi justru direkomendasikan untuk orang tua atau lanjut usia.

Ada banyak alasan mengapa kopi disarankan untuk orang lanjut usia. Pertama bisa menjadi sebagai sumber antioksidan, kemudian bisa meningkatkan dan melindungi otak serta masih banyak lagi.

Dilansir dari Fall Brook Glen (03/11), berikut empat alasan mengapa kopi baik untuk orang tua.

Baca Juga: 5 Mitos tentang Minum Kopi Ini Jangan Dipercaya Lagi" selengkapnya


1. Sumber Antioksidan

Orang Usia Lanjut Dianjurkan Rutin Minum Kopi, Ini 4 AlasannyaOrang Usia Lanjut Dianjurkan Rutin Minum Kopi, Ini 4 Alasannya Foto: Getty Images/izusek

Kopi yang belum diproses, biji kopi yang masih alami dikemas dengan ribuan antioksidan yang tingkatnya terus bertambah dalam proses roasting atau penyangraian.

Tak heran kopi disebut lebih bagus sebagai sumber antioksidan ketimbang teh hijau atau bubuk kakao. Antioksidan ini fungsinya bisa mencegah penuaan dini, mengurangi risiko penyakit seperti kanker hingga jantung.

Serta mencegah radikal bebas menghancurkan sel-sel dalam tubuh.Karena itu konsumsi kopi untuk mereka yang sudah berumur dianjurkan.

2. Melindungi Fungsi Otak

Sebagaimana yang umum diketahui, kopi mengandung kafein yang membuat tubuh dan otak terasa lebih berenergi dan semangat. Makanya banyak orang minum kopi di pagi hari.

Lalu sisi baiknya, ternyata kafein memang menstimulasi pengeluaran beberapa hormon tertentu. Karena bisa mengurangi efek lelah dan capek pada tubuh.

Studi turun menunjukkan bahwa konsumsi kopi secara teratur ini bisa mengurangi penurunan kognitif, yang biasanya dialami oleh orang berusia lanjut.



Simak Video "Sejarah Kebun Kopi Tertua di Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT