ADVERTISEMENT

Kandungan Kafein Sedikit, Kopi Instan Juga Punya Manfaat Sehat

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 02 Nov 2022 07:30 WIB
Cara membuat es kopi susu pakai kopi instan
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Siapa sangka ternyata kopi instan juga memiliki manfaat sehat. Kandungan kafeinnya bisa meningkatkan fungsi otak hingga meningkatkan metabolisme.

Kopi instan adalah kopi yang terbuat dari ekstrak kopi kering. Sebenarnya mirip seperti penyeduhan kopi pada umumnya, kopi kering ini didapat dengan menyeduh biji kopi bubuk jadi lebih pekat.

Kemudian, air yang dikeluarkan dari ekstrak tersebut digunakan untuk membuat bubuk kering. Kopi instan dibuat dengan dua cara utama untuk menjaga kualitas, aroma dan rasa.

Pertama dengan pengeringan semprot atau spray drying. Cara ini dilakukan dengan menyemprotkan ekstrak kopi ke udara panas, yang dengan cepat mengeringkan tetesan dan mengubahnya menjadi bubuk halus atau potongan kecil.

Baca Juga: Bangkitkan Gairah Seks, Pria Cukup Minum 2 Cangkir Kopi Sehari

Efek Samping dan Bahaya Minum Kopi Instan Setiap HariKopi instan adalah kopi yang terbuat dari ekstrak kopi kering. Foto: iStock

Kedua ada pengeringan beku atau freeze drying. Pada cara ini, ekstrak kopi dibekukan dan dipotong kecil-kecil, baru kemudian dikeringkan pada suhu rendah dalam kondisi vakum.

Ketika ingin menyeduh, cukup masukkan bubuk kopi ke cangkir atau ke gelas. Lalu tambahkan air hangat, aduk hingga larut dengan air, baru kemudian kopi bisa dinikmati.

Banyak yang mengira bahwa kopi instan tidak memiliki manfaat. Namun faktanya, kandungan senyawa antioksidan tetap terkemas dalam kopi instan, lapor Drink Super Coffee (18/01/22).

Menurut sebuah penelitian di Kroasia yang dimuat dalam jurnal Food Chemistry tahun 2012, kopi instan mengandung antioksidan lebih tinggi karena pemrosesannya.

Baca Juga: Begini Proses Panjang Pengolahan Kopi, Sebelum Bisa Diseruput Hangat

Fakta Kopi InstanKopi instan juga rendah kalori, dalam satu cangkir biasanya hanya mengandung 7 kalori. Foto: Getty Images/iStockphoto/gyro

Kopi instan juga rendah kalori, dalam satu cangkir biasanya hanya mengandung 7 kalori dan mengandung nutrisi lainnya, seperti kalium, magnesium dan vitamin B3 yang disebut niasin.

Namun untuk kandungan kafeinnya, kopi instan memiliki kafein yang lebih sedikit. Dalam satu cangkir hanya mengandung kafein sekitar 30-90 mg. Sementara kopi murni sekitar 70-140 mg kafein.

Hal tersebut tidak selalu buruk, kafein yang rendah juga memberikan manfaat. Mengingat ada beberapa orang yang memiliki sensitivitas yang berbeda pada kafein.

Didukung secara ilmiah, kopi instan bagus untuk kesehatan. Mulai dari meningkatkan fungsi otak, meningkatkan metabolisme, mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif.

Selain itu, juga mengurangi risiko penyakit diabates, meningkatkan kesehatan hati, meningkatkan kesehatan mental dan meningkatkan angka harapan hidup.

Jadi, kopi instan sama sehatnya dengan kopi murni. Asalnya dikonsumsi dalam takaran yang tidak berlebihan dan tidak dicampur dengan bahan-bahan yang berkalori tinggi, seperti gula, kental manis atau krimer.

Baca Juga: Minum Kopi Lebih Sehat dengan 6 Tips Gampang Ini



Simak Video "Sensasi Sajian Kelapa Muda yang Dibakar"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT