Hari Vegan Sedunia, Ini 5 Manfaat Menjalani Pola Makan Nabati

ADVERTISEMENT

Hari Vegan Sedunia, Ini 5 Manfaat Menjalani Pola Makan Nabati

Riska Fitria - detikFood
Selasa, 01 Nov 2022 15:30 WIB
Manfaat pola makan vegan
Foto: iStock
Jakarta -

Hari Vegan Sedunia mengingatkan kita akan pentingnya pola makan vegan. Pola makan ini dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Setiap tanggal 1 November diperingati sebagai Hari Vegan Sedunia. Momen ini dijadikan sebagai ajang untuk mengkampanyekan tentang pentingnya pola makan vegan.

Pola makan vegan sendiri maksudnya adalah mengonsumsi makanan berbahan nabati seperti buah, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan atau diartikan juga tidak mengonsumsi produk hewani.

Dikutip dari BBC Good Food, pola makan vegan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari membantu menurunkan berat badan hingga melindungi dari penyakit.

Berikut 5 manfaat menjalani pola makan vegan:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat pola makan veganSebuah penelitian di Amerika Serikat menemukan bahwa pola makan vegan dapat membantu menurunkan berat badan. Foto: iStock

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menemukan bahwa pola makan vegan dapat membantu menurunkan berat badan. Itu karenaasupan serat yang lebih banyak cenderung tidak ngemil.

Studi lain juga menemukan bahwa secara umum, pelaku pola makan vegan memiliki tubuh yang lebih kurus dan memiliki indek massa tubuh yan lebih rendah.

Jika dilakukan rutin, selama periode 18 minggu, diet vegan rendah lemak bisa membantu menurunkan berat badan hingga 4,2 kilogram. Pola makan vegan akan membantu kamu mengurangi kalori.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Gelato Hits di Bali, Ada yang Vegan & Rendah Kalori!

2. Menyehatkan Jantung

Manfaat pola makan veganPola makan vegan juga dapat menyehatkan jantung. Foto: iStock

Pola makan vegan juga dapat menyehatkan jantung. Makanan vegan seperti biji-bijian, kacang-kacangan, buah dan sayuran dikemas dengan serat, lemak sehat hingga mineral.

Nutrisi tersebut berperan untuk melindungi jantung, terutama dari asupan karbohidrat olahan. Serat berperan menurunkan kadar kolesterol jahat yang bisa menyebabkan penyakit.

Lebih lanjut, serat pada biji-bijian merupakan komponen penting untuk kesehatan jantung. Selain itu juga bisa mengurangi risiko penyakit stroke.



Simak Video "Geliat Ilmuwan Temukan Rasa 'Daging' Vegan yang Pas di Lidah"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT