Rutin Konsumsi 10 Makanan Sehat Ini Agar Tetap Bugar dan Panjang Umur

ADVERTISEMENT

Rutin Konsumsi 10 Makanan Sehat Ini Agar Tetap Bugar dan Panjang Umur

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 19 Okt 2022 05:00 WIB
7 Tips Mudah Berikan Makanan Sehat pada Anak yang Gampang Ditiru
Foto: Getty Images/Morsa Images
Jakarta -

Banyak jenis makanan mengandung nutrisi super. Jika rutin dikonsumsi membuat tubuh sehat, bugar, mencegah beragam penyakit dan panjang umur.

Dikutip dari Delish (17/10/22) 70% kunci tubuh sehat ada pada pola makan. Pola makan yang baik adalah memilih jenis makanan yang bernutrisi dengan porsi yang tidak berlebihan.

Diantaranya ada antioksidan yang berperan sebagai pelindung terhadap radikal bebas, serat untuk memperlancar sistem pencernaan, protein untuk menghilangkan lemak tubuh dan lainnya.

Dengan rutin mengonsumsi makanan tersebut bisa membuat hidup panjang umur karena terhindari dari berbagai penyakit kronis seperti kanker, jantung hingga diabetes.

Berikut 10 makanan untuk tubuh bugar dan panjang umur:

1. Kopi

Ini Alasan Minum Kopi Bisa Bikin Perut Mulas hingga DiareSebuah penelitian menemukan kaitan antara minum kopi dengan penurunan risiko berbagai penyakit. Foto: Ilustrasi iStock

Sebuah penelitian menemukan kaitan antara minum kopi dengan penurunan risiko berbagai penyakit. Seperti kanker, kardiovaskular, demensia hinggadiabates.

Peneliti merekomendasikan untuk minum kopi tanpa tambahan gula. Jika ingin menambahkan gula, susu atau krim tidak lebih dari satu sendok teh.

2. Teh

Semua jenis teh juga berkhasiat untuk menangkal berbagai penyakit. Mulai dari teh hijau, teh hitam dan teh putih. Itu karena teh dikemas dengan senyawa antioksidan dan anti-inflamasi.

Peneliti menemukan bahwa teh hitam berkhasiat untuk kesehatan dan menjaga kepadatan tulang khususnya pada wanita lansia. Sementara teh hijau terbukti mengurangi risiko kanker payudara dan kanker lainnya.

Baca Juga: Meskipun Disebut Sehat, Konsumsi 7 Makanan Ini Sebaiknya Dibatasi

3.Greek Yogurt

homemade organic coconut greek yogurt in wooden bowlGreek yogurt kaya akan protein juga rendah karbohidrat dan gula. Foto: Getty Images/iStockphoto/ThitareeSarmkasat

Greek yogurt kaya akan protein juga rendah karbohidrat dan gula. Dalam 170 gram protein mengandung 17 gram protein dan itu hampir 40% jumlah yang dibutuhkan wanita dan 30% pria.

Ahli gizi Deborah Malkoff-Cohen, RD, merekomendasikan untuk mengonsumsi yogurt ini sebagai menu sarapan. Bisa disajikan dengan topping granola dan buah-buahan segar.

4. Biji Chia

Di balik ukurannya yang kecil, biji chia menyimbang banyak manfaat kesehatan. Biji chia mengandung protein bahkan lebih tinggi dari jenis biji-bijian lainnya.

Selain itu, bijichia juga mengandung asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung yang juga telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan otak, kulit dan mengurangi lemak perut.



Simak Video "Bikin Laper: Resto Pasta Mungil yang Hits di Kemang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT