ADVERTISEMENT

Meskipun Disebut Sehat, Konsumsi 7 Makanan Ini Sebaiknya Dibatasi

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 23 Jul 2022 06:00 WIB
Meskipun Disebut Sehat, Konsumsi 7 Makanan Ini Sebaiknya Dibatasi
Foto: Getty Images/iStockphoto/Professor25
Jakarta -

Makanan memiliki kandungan nutrisi yang menguntungkan maupun berbahaya bagi tubuh. Ternyata ada tujuh makanan yang perlu diwaspadai konsumsinya. Lihat daftarnya.

Makanan merupakan bahan bakar yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi energi dan beraktivitas. Makanan menjadi salah satu pintu masuk nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh maupun yang dapat mengganggu kesehatan.

Walaupun sering dianggap sehat ternyata ada beberapa makanan yang perlu diwaspadai konsumsinya. Beberapa makanan yang dianggap sehat ternyata memiliki nutrisi yang rendah hingga yang faktanya tidak memiliki nutrisi sedikitpun.

Banyak makanan yang dikonsumsi secara rutin dan dinilai bernutrisinya nyatanya justru memperburuk kondisi kesehatan. Daftar makanan ini bisa kamu pertimbangkan kembali jika ingin dikonsumsi rutin.

Berikut ini 7 makanan yang perlu diwaspadai jika ingin dikonsumsi rutin menurut NDTV (21/7):

Meskipun Disebut Sehat, Konsumsi 7 Makanan Ini Sebaiknya DibatasiTinggi akan kandungan gula, buah-buahan kering sebaiknya dibatasi konsumsinya. Foto: Getty Images/iStockphoto/Professor25

1. Buah-buahan kering

Buah-buahan kering selama ini dinilai menjadi alternatif asupan buah selain buah-buahan yang segar. Rasanya yang lebih manis serta daya simpan yang lama membuat buah-buahan kering banyak dipilih sebagai persediaan.

Selain itu, buah-buahan kering juga sering dianggap berada pada kelompok yang sama dengan kacang-kacangan. Nyatanya buah-buahan kering jauh berbeda dengan kacang-kacangan, tidak memiliki kadar nutrisi yang seimbang hingga kandungan gulanya yang terlalu tinggi.

2. Jus buah

Sering dianggap sebagai alternatif minuman sehat, jus buah yang dijajakan dalam bentuk kemasan justru tergolong salah satu minuman tak sehat yang harus dibatasi konsumsinya. Jika ingin menikmati jus sebaiknya membuat sendiri di rumah dengan buah-buahan segar.

Jus buah kemasan mengalami penurunan nutrisi pada proses pembuatannya. Proses pembuatan jus kemasan juga disebutkan membuang sebagian serat alami dari buah yang justru dibutuhkan oleh tubuh.

3. Roti

Bukan sebuah hal baru, ternyata banyak ahli kesehatan yang sudah menekankan untuk mengonsumsi roti putih secara rutin. Roti putih yang dimaksud adalah roti yang terbuat dari tepung terigu.

Tepung terigu pembuat roti ini termasuk kategori karbohidrat yang tinggi akan indeks glikemik dan dapat memicu lonjakan gula darah. Roti yang terbuat dari gandum, biji-bijian dan bebas gluten justru jauh lebih direkomendasikan oleh ahli gizi.

Makanan kurang sehat yang perlu diwaspadai lainnya bisa dilihat pada halaman berikutnya.



Simak Video "Menikmati Roti Jadul Legendaris Tahun 70-an, Bikin Nostalgia Masa Kecil"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT