ADVERTISEMENT

Alami Getok Harga, Pelanggan Ini Dipaksa Bayar Sedotan dan Alat Makan

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 22 Jul 2022 14:00 WIB
Alami Getok Harga, Pelanggan Ini Dipaksa Bayar Sedotan dan Alat Makan
Foto: Getty Images/iStockphoto/Chadchai Krisadapong
Jakarta -

Berupaya mendapatkan keuntungan yang besar, restoran ini tega lakukan getok harga. Pelanggan yang datang dipaksa membayar semua yang diletakkan di mejanya tanpa dipesan.

Suatu bisnis yang dijalankan tentunya diharapkan dapat mendatangkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Menarik perhatian pelanggan hingga laris manis dan digemari banyak orang pasti sangat diharapkan.

Tetapi tidak sedikit juga restoran yang justru berlaku tak jujur untuk mendapatkan keuntungan tersebut. Demi keuntungan yang lebih banyak, mereka tega menipu dan merugikan para pelanggan yang harusnya dilayani dengan baik.

Seorang pelanggan menjadi salah satu korban kecurangan sebuah restoran. Dirinya merasa kebingungan setelah mendapat pelayanan yang aneh seperti ini.

Alami Getok Harga, Pelanggan Ini Dipaksa Bayar Sedotan dan Alat MakanMenyambangi sebuah restoran di Spanyol, pelanggan ini alami kejadian getok harga. Foto: Getty Images/iStockphoto/Chadchai Krisadapong

Mengutip Ladbible (20/7) seorang pelanggan bernama Galey Hermoso mengalami kejadian getok harga saat mengunjungi sebuah restoran bernama Imperial Bar di Zamora, Spanyol. Ia masih mengingat jelas bagaimana kehadirannya pada tahun lalu menjadi sebuah kekecewaan yang membuatnya kapok untuk datang kembali.

Hal ini lantaran Hermoso tiba-tiba disuruh membayar semua yang dibawakan pegawai restoran ke mejanya. Padahal tambahan-tambahan tersebut tidak dipesan oleh Hermoso tetapi masuk ke dalam hitungan tagihan makannya.

Hermoso mengatakan dirinya hanya memesan beberapa makanan dan minuman saja. Melalui sebuah cuitan pada akun Twitter pribadinya, Hermoso membagikan rincian biaya makan termasuk dengan berbagai permintaan yang tidak dipesannya.

Hermoso menyebutkan setiap kali pelayan datang membawakan minuman atau apapun, ia akan dikenakan biaya Rp 3.000 untuk layanan pengantaran yang belum termasuk minuman dan benda-benda yang diantarkan ke mejanya.

Alami Getok Harga, Pelanggan Ini Dipaksa Bayar Sedotan dan Alat MakanDirinya dipaksa membayar segala sesuatu yang tidak dipesannya. Foto: Getty Images/iStockphoto/Chadchai Krisadapong

"Setiap kali pelayang tersebut membawakan kami sesuatu seperti bir atau tapa, kami pasti dikenakan biaya 2 sen (setara dengan Rp 3.000)," ungkap Hermoso.

Bahkan getok harga paling menyebalkan yang diungkap oleh Hermoso adalah ketika ia meminta alat makan untuk menikmati roti panggang yang dipesannya. Hermoso dikenakan biaya Rp 15.000 untuk mendapatkan alat makan, sedotan dan pelayanan untuk mengantarkan alat makan tersebut ke mejanya.

Pada tagihan makan yang diperlihatkannya terlihat tagihan senilai 1,90 Euro atau setara dengan Rp 228.000. Dalam tagihan itu terlihat juga ada biaya service yang sampai ditambahkan sebanyak 5 kali.

Tidak hanya terjadi di Eropa, aksi getok harga oleh restoran ini juga pernah dialami seorang pelanggan restoran di Topkapi Palace, Turki. Seorang warga negara Indonesia yang berniat makan siang dengan memesan ikan justru diberi menu yang tak sesuai pesanan hingga ia harus membayar Rp 878.000.



Simak Video "Uniknya Terong Goreng Madu hingga Bayam Telur Asin di Resto Medan"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT