7 Obat Sakit Gigi Berlubang Alami, Semuanya Ada di Dapur

ADVERTISEMENT

7 Obat Sakit Gigi Berlubang Alami, Semuanya Ada di Dapur

Tim detikFood - detikFood
Senin, 17 Okt 2022 05:00 WIB
Gigi sehat
Foto: Getty Images/iStockphoto/LuckyBusiness
Jakarta -

Rasa sakit menusuk dan ngilu karena gigi berlubang bisa diatasi dengan bahan-bahan alami yang ada di dapur. Dari bawang putih, vanili hingga garam.

Rasa sakit yang muncul akibat gigi berlubang sering kali tak tertahankan. Selain terasa ngilu dan nyut-nyutan, sakit gigi sendiri dapat menyebabkan nyeri pada gusi, sakit di bagian pipi, dan sakit hingga ke bagian kepala.

Untuk meredakan rasa sakit, biasanya orang akan langsung mengonsumsi obat sakit gigi berlubang ataupun pereda nyeri dan sakit.

Namun jika sakit gigi berlubang datang tiba-tiba, kamu bisa memanfaatkan bahan alami yang ada di dapur. Bahan-bahan ini dapat digunakan untuk meredakan sakit akibat gigi berlubang untuk sementara waktu.

Dilansir dari CNN Indonesia (14/10) berikut beberapa obat sakit gigi berlubang yang banyak tersedia di dapur.

1. Ekstrak vanili

Merujuk Cleveland Clinic, ekstrak vanili dapat menjadi obat sakit gigi berlubang karena mengandung alkohol yang dapat mematikan rasa sakit sementara.

Selain itu, kandungan antioksidannya juga dapat membantu menyembuhkan area gigi berlubang yang sakit tersebut.

Caranya, cukup gunakan ujung jari atau bola kapas untuk mengoleskan ekstrak vanili ke gigi dan gusi beberapa kali sehari.

2. Teh peppermint

pappermintSifat menenangkan peppermint dapat membantu menenangkan rasa sakit akibat gigi berlubang. Foto: Getty Images/iStockphoto/OlgaMiltsova

Obat sakit gigi berlubang alami berikutnya adalah teh peppermint. Sifat menenangkan peppermint dapat membantu menenangkan rasa sakit akibat gigi berlubang.

Anda dapat menggunakan kantong teh peppermint yang diseduh dengan air panas. Setelah kantong teh tersebut tidak terlalu panas, tempelkan secara perlahan pada gigi dan gusi yang terasa sakit.

3. Daun jambu biji

Melansir Healthline, daun jambu biji juga dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi sakit akibat gigi berlubang.

Daun jambu biji memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan luka. Daun jambu biji juga memiliki aktivitas antimikroba yang dapat membantu dalam perawatan mulut.

Untuk menggunakannya, kamu dapat mengunyah daun jambu biji segar atau tambahkan daun jambu biji yang dihancurkan ke air mendidih untuk membuat obat kumur.



Simak Video "Mencicipi Brownies FUDGYBRO dengan Cokelat Lumer"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT