ADVERTISEMENT

7 Cara Mudah Bersihkan Total Kulkas Agar Tak Bau

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 16 Agu 2022 10:30 WIB
7 Cara Mudah Bersihkan Total Kulkas Agar Tak Bau
Foto: Getty Images/Onfokus
Jakarta -

Dipakai untuk menyimpan berbagai jenis makanan, tidak heran kulkas seringkali mengeluarkan aroma yang tidak sedap. The gini cara membersihkannya agar tak bau.

Kulkas menjadi salah satu peralatan yang paling penting dan krusial di dapur rumah. Kulkas menjadi andalan untuk menyimpan bahan-bahan makanan agar tahan lebih lama.

Tetapi karena banyaknya jenis makanan yang disimpan membuat kulkas seringkali berbau busuk. Hal ini lantaran aroma seluruh makanan bercampur menjadi satu dan memenuhi kulkas hingga seluruh bagian terkecilnya.

Untuk membersihkan kulkas ada cara-cara yang bisa dilakukan dan hanya membutuhkan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan saja. Baik bagian luar, dalam hingga seluruh raknya bisa bersih dengan cara ini. Cek langkah-langkahnya.

Berikut ini 7 tips membersihkan kulkas agar tak berbau busuk menurut Better Homes & Garden (16/7):

7 Cara Mudah Bersihkan Total Kulkas Agar Tak BauSebelum membersihkan kulkas, usahakan untuk melepas semua rak yang memungkinkan untuk dilepas. Foto: Getty Images/Onfokus

1. Pisahkan setiap bagian rak

Sebelum mulai membersihkan kulkas, usahakan untuk melepas dan mengeluarkan seluruh bagian rak-rak yang bisa dilepas. Biasanya rak-rak ini bisa dicuci dengan sabun pencuci biasa untuk menghilangkan nodanya.

Pada bagian rak yang memiliki noda membandel kamu juga bisa menggunakan air panas yang dicampur dengan sabun untuk melunakkan dan melunturkan noda. Setelah kotoran yang menempel lunak, langkah selanjutnya cukup dicuci seperti biasa dan disisihkan sampai mengering.

2. Bersihkan bagian dalamnya

Setelah semua rak dilepaskan, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengeluarkan kotoran dari bagian dalam kulkas. Agar lebih aman untuk penyimpanan makanan, hindari menggunakan cairan pembersih kimia.

Cukup dengan menyampurkan soda kue dan air mulai dari bagian atas ke bawah secara teratur. Pada bagian kecil dengan noda yang melekat kuat bisa menggunakan bantuan sikat gigi atau tusuk gigi untuk mengeluarkan kotorannya.

3. Hilangkan baunya

Bau dari berbagai bahan makanan yang menyatu membuat kulkas seringkali terasa sulit dibersihkan. Nyatanya, bau menyengat di dalam kulkas bisa diatasi dengan bahan-bahan alami yang sederhana dan mudah ditemukan.

Setelah membersihkan bagian dalamnya dan memastikan seluruh permukaan kering, selanjutnya a siapkan soda kue pada bagian paling bawah kulkas. Caranya cukup menyimpan soda kue dalam wadah tertutup dan simpan bersamaan dengan makanan lain.

Tips membersihkan kulkas anti bau busuk lainnya ada di halaman selanjutnya.



Simak Video "KuTips: Penting! 4 Cara Tepat Mengolah Daging Saat Darurat PMK"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT