Kurangi Konsumsinya, 5 Makanan Ini Bisa Memicu Bau Badan

ADVERTISEMENT

Kurangi Konsumsinya, 5 Makanan Ini Bisa Memicu Bau Badan

Yenny Mustika Sari - detikFood
Jumat, 14 Okt 2022 05:00 WIB
Bau badan
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Tubuh memiliki aroma alami. Namun, aromanya bisa tidak sedap karena jenis makanan yang sering dikonsumsi. Seperti yang mengandung allium hingga rempah-rempah.

Tubuh setiap manusia memiliki karakteristik yang berbeda. Secara alami mereka juga memiliki aromanya masing-masing.

Tak dapat dipungkiri kalau ada beberapa orang yang aromanya tidak sedap hingga mengganggu orang lain di sekitarnya. Pemicu bau badan ini disebabkan oleh banyak faktor, ada yang genetik hingga makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Ada beberapa makanan, bahkan yang sehat bisa menyebabkan bau badan. Ini tidak berarti kamu harus menghindari sepenuhnya, namun sebaiknya dibatasi konsumsinya.

Dilansir dari Well and Good (24/9), ahli diet Jenny Beth Kroplin mengungkapkan beberapa makanan yang dapat menyebabkan bau badan. Seperti yang mengandung zat allium hingga jenis rempah-rempah.

Baca Juga: Jika Rutin Dikonsumsi, 5 Makanan Ini Bisa Melindungi Kulit dari Polusi

Berikut 5 makanan yang dapat menyebabkan bau badan:

1. Sayuran Allium

Makanan Pemicu Bau BadanMakanan Pemicu Bau Badan Foto: Getty Images/iStockphoto

Sayuran allium adalah jenis sayuran tertentu yang kaya akan senyawa belerang. Sayuran yang dimaksud dan sering dijumpai adalah bawang merah, bawang putih, dan daun bawang.

"Keluarga allium mengandung peningkatan kadar senyawa yang mengandung belerang. Zat tersebut dapat larut melalui pori-pori, aliran darah, dan urin kita, sehingga membuat kita bau mulut, dan juga bergabung dengan bakteri dalam keringat yang menyebabkan bau badan," kata Kroplin.

Meski dapat menyebabkan bau badan, bukan berarti kamu tidak boleh menikmatinya. Karena sayuran dengan zat allium penuh manfaat nutrisi, termasuk membantu zinc dan zat besi diserap lebih baik dalam tubuh.

2. Sayuran Silangan

Sayuran silangan ternyata juga memiliki kandungan zat belerang. Di antaranya seperti brokoli, kol, dan kembang kol. Sayuran ini umum dikonsumsi setiap hari.

Apalagi bermanfaat untuk tubuh karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Kalau tidak ingin bau badan karena mengonsumsi sayuran silangan, kamu bisa kurangi konsumsinya.

Baca Juga: Agar Mulut Tak Bau dan Nafas Segar, Ini Makanan yang Perlu Dikonsumsi



Simak Video "Bikin Laper: Mie Ayam Bejo Super Endul"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT