Jika Rutin Dikonsumsi, 5 Makanan Ini Bisa Melindungi Kulit dari Polusi

ADVERTISEMENT

Jika Rutin Dikonsumsi, 5 Makanan Ini Bisa Melindungi Kulit dari Polusi

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 13 Okt 2022 07:30 WIB
Jika Rutin Dikonsumsi, 5 Makanan Ini Bisa Melindungi Kulit dari Polusi
Foto: Getty Images/iStockphoto/egal
Jakarta -

Kualitas udara yang buruk ternyata dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Agar kulit tetap cerah dan mulus, konsumsilah makanan ini secara rutin.

Tidak hanya kurangnya asupan vitamin atau perawatan yang tak maksimal, kondisi udara di sekitar juga mempengaruhi kesehatan kulit. Kualitas udara yang buruk akan sulit dihindari karena manusia akan terus membutuhkan udara.

Cara terbaik untuk melindungi kulit adalah dengan merawatnya dari dalam dan memastikan nutrisi yang didapatkannya cukup kuat untuk menjaga kulit dari polusi. Tidak hanya dengan berbagai merek perawatan kulit, mencukupi kebutuhan nutrisi melalui makanan yang tepat juga bisa dilakukan.

Ada beberapa makanan yang disebutkan oleh ahli kesehatan kulit dapat menguatkan kulit dan menjaganya dari serangan radikal bebas yang disebabkan polusi udara. Jika ingin mencobanya kamu bisa melihat daftar makanan yang disarankan ini.

Berikut ini 5 makanan yang cocok untuk melindungi kulit dari polusi udara menurut News18:

Jika Rutin Dikonsumsi, 5 Makanan Ini Bisa Melindungi Kulit dari PolusiAsupan vitamin C yang tinggi berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menjaga kulit dari radikal bebas. Foto: Getty Images/iStockphoto/egal

1. Makanan tinggi vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang memiliki komponen antioksidan terkuat. Konsumsi vitamin C dapat melindungi tubuh dari beberapa keluhan kesehatan termasuk yang disebabkan oleh polusi udara.

Vitamin C banyak ditemukan pada buah-buahan maupun sayuran secara alami. Misalnya seperti jeruk, lemon, brokoli, paprika, kiwi maupun buah-buahan dan sayuran lainnya.

Melalui penelitian yang sudah dilakukan oleh banyak ahli, vitamin C terbukti mampu menetralkan efek polusi udara yang terserap pada kulit. Mengkonsumsinya secara rutin akan memperkuat kulit dari radikal bebas yang banyak terdapat pada polusi udara.

2. Kunyit

Sejak masa nenek moyang, kunyit selalu diketahui sebagai rempah-rempah yang mapuh untuk menyembuhkan banyak keluhan kesehatan. Hal ini lantaran komponen alami pada kunyit yang bernama kurkumin memiliki khasiat yang baik untuk tubuh secara menyeluruh.

Kurkumin yang ada pada kunyit juga menjadi komponen antiinflamasi yang aktif dan tak hanya melindungi kulit tetapi juga paru-paru dari kualitas udara yang buruk. Kandungan antioksidannya yang tinggi membuat kunyit ampuh melawat stres oksidatif yang dipengaruhi oleh lingkungan sekitar yang kurang sehat.

Di Indonesia kunyit seringkali menjadi campuran bumbu masak yang disajikan sehari-hari. Selain itu konsumsi kunyit juga bisa dilakukan dengan meminum racikan jamu tradisional yang menyehatkan.

Makanan untuk menjaga kulit dari polusi udara lainnya ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Mencicipi Brownies FUDGYBRO dengan Cokelat Lumer"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT