5 Makanan Pencegah Kanker Payudara Ini Bagus Dikonsumsi Rutin

ADVERTISEMENT

5 Makanan Pencegah Kanker Payudara Ini Bagus Dikonsumsi Rutin

Atiqa Rana - detikFood
Selasa, 11 Okt 2022 05:00 WIB
5 Makanan Pencegah Kanker Payudara Ini Bagus Dikonsumsi Rutin
Foto: Getty Images
Jakarta -

Risiko kanker, termasuk kanker payudara bisa diminimalisir dengan menerapkan pola makan sehat. Agar terhindar dari risiko tersebut, sebaiknya mulai konsumsi 5 makanan ini.

Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker paling umum yang dialami oleh wanita. Meskipun ini juga bisa dialami oleh pria, tetapi persentasenya kurang dari 1% total kasus keseluruhan.

Dalam hal ini, gaya hidup serta makanan yang kita konsumsi memainkan peran penting. Mereka bisa menjadi penyebab ataupun membantu dalam mengurangi risiko terkena kanker payudara.

Penelitian juga menunjukkan merokok, konsumsi minuman beralkohol, pola diet tertentu, dan memakan makanan olahan bisa meningkatkan risiko kanker payudara.

Untuk mengurangi risiko tersebut, sebaiknya mulai mengonsumsi makanan yang tepat. Terutama mengonsumsi makanan yang dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara.

Merangkum healthline.com (06/10), berikut 5 makanan pencegah kanker payudara:

1. Bayam dan sawi hijau

5 Makanan Pencegah Kanker Payudara Ini Bagus Dikonsumsi RutinBeberapa sayuran berdaun hijau mampu membantu mengurangi risiko terkena kanker payudara karena secara alami memiliki sifat antikanker. Foto: Getty Images

Beberapa sayuran berdaun hijau mampu membantu mengurangi risiko terkena kanker payudara karena secara alami memiliki sifat antikanker.

Sayuran seperti kubis, bayam, atau sawi hijau mengandung antioksidan karotenoid, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin. Dengan kandungan antioksidan tersebut, dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara.

Penelitian pada tahun 2015 mengaitkan seseorang yang punya kadar total karotenoid dalam darah lebih tinggi, punya penurunan risiko kanker payudara lebih besar 18%-28%, serta penurunan risiko kambuh dan kematian pada mereka yang sudah menderita kanker payudara.

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa asupan folat, vitamin B yang terkonsentrasi dalam sayuran berdaun hijau, dapat melindungi diri dari kanker payudara. Tetapi penelitian akan hal ini masih perlu dilakukan.

2. Jeruk

Tak hanya sayuran, jeruk juga bisa membantu mengurangi risiko terkena penyakit kanker payudara. Jeruk dan kulitnya mengandung berbagai macam nutrisi mulai dari folat, vitamin C, karotenoid, dan antioksidan flavonoid yang bisa melindungi diri dari kanker payudara. Nutrisi tersebut memiliki efek antioksidan, antikanker, dan antiinflamasi.

Penelitian juga pernah dilakukan melalui tinjauan literatur 2013 yang menemukan bahwa 9.393 orang mengaitkan asupan jeruk yang tinggi dengan adanya penurunan risiko kanker payudara sebesar 10%.



Simak Video "Slurp! Ternyata Kaktus Bisa Dibuat Jadi Es Segar"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT