Benarkah Minum Kopi Picu Perut Kembung?

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Benarkah Minum Kopi Picu Perut Kembung?

Atiqa Rana - detikFood
Sabtu, 08 Okt 2022 07:30 WIB
Selain Kafein, Senyawa pada Kopi Ini Juga Baik untuk Kesehatan
Foto: Getty Images
Jakarta -

Sebagian orang mungkin terbiasa minum kopi, tetapi tak sedikit dari mereka yang justru mengalami masalah perut kembung setelah minum kopi. Lantas, apa penyebabnya?

Kopi telah menjadi minuman yang dikonsumsi sehari-hari oleh banyak orang. Penggemar kopi mungkin akan terbiasa dengan efek yang diberikan oleh minuman berkafein ini. Mereka justru lebih sering merasakan manfaat dibandingkan efek sampingnya.

Namun, ada juga orang yang memiliki masalah pada perut mereka setelah minum kopi. Selain mulas, perut juga terasa kembung. Hal ini tentu sangat mengganggu.

Lantas, apakah benar kopi bisa menyebabkan perut kembung? Untuk mengetahui lebih dalam, berikut penjelasannya seperti dirangkum dari livestrong.com (26/06/2019).

1. Benarkah Minum Kopi Menyebabkan Kembung?

Ilustrasi Sakit Perut atau KramAda beberapa orang yang mengalami gejala gangguan perut tersebut setelah minum kopi. Tetapi gangguan ini ternyata hanya akan dirasakan oleh sebagian orang yang memang punya perut sensitif. Foto: Shutterstock/

Kopi terkadang dianggap penyebab sakit perut karena sifat asam yang dimilikinya. Sifat asam tersebut akan memicu gangguan pada perut seperti mulas hingga kembung.

Ada beberapa orang yang mengalami gejala gangguan perut tersebut setelah minum kopi. Tetapi gangguan ini ternyata hanya akan dirasakan oleh sebagian orang yang memang punya perut sensitif.

Menurut laporan yang ditulis dalam Jurnal Nutrisi Maret 2016, pada kebanyakan orang, minum secangkir kopi tidak akan menyebabkan gangguan gastrointestinal (GI).

Para peneliti menyetujui bahwa hubungan kopi dengan gangguan gastrointestinal (GI) hanya akan dirasakan oleh sebagian orang yang memiliki kesensitifan terhadap kafein.

Karena jika dilihat dari hasil studi di Jurnal Science pada April 2016, menunjukkan bahwa minum kopi sebenarnya dapat meningkatkan keragaman bakteri pada usus. Keragaman bakteri tersebut justru akan menjadikan kopi sebagai minuman yang sehat.

Kesimpulan akan manfaat ini juga didasari oleh penelitian lain yang dilakukan pada April 2015, dalam Journal of Molecular Science. Studi tersebut menunjukkan hubungan antara asam kafeat dan fitokimia yang terkandung dalam kopi dengan peningkatan keragaman bakteri pada usus.

2. Apakah Rasa Kembung Timbul karena Kopi?

Ini Efek Minum Kopi Pada Kulitas Sperma, Bapak-bapak Perlu Tahu!Jika seseorang merasa kembung setelah minum kopi, salah satunya disebabkan karena perut sensitif terhadap kafein. Foto: Getty Images/iStockphoto/oleksajewicz

Jika seseorang merasa kembung setelah minum kopi, salah satunya disebabkan karena perut sensitif terhadap kafein. Dengan kata lain, kafein pada kopi mampu merangsang saluran pencernaan pada sebagian orang. Sehingga, bukan hanya kembung, tetapi gangguan seperti mulas juga sering terjadi setelah minum kopi.

Tetapi beberapa penelitian menunjukkan tingkat minoritas dari mereka yang sensitif terhadap kopi. Sebuah studi dari Journal Scientific Reports pada November 2018 menyatakan bahwa kopi efektif dan aman untuk membantu pemulihan fungsi pencernaan setelah operasi perut.

Tetapi, penelitian ini juga menunjukkan efek samping dari kopi yaitu adanya peningkatan tekanan darah dan detak jantung.



Simak Video "Melihat Proses Pembuatan Kopi Toraja Secara Tradisional"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT