Ini Alasan Mengapa Minum Kopi Saat Perut Kosong Tidak Sehat

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Ini Alasan Mengapa Minum Kopi Saat Perut Kosong Tidak Sehat

Sonia Basoni - detikFood
Jumat, 30 Sep 2022 07:30 WIB
People drinking coffee high angle view
Foto: iStock
Jakarta -

Banyak ahli kesehatan yang sarankan untuk menghindari minum kopi dalam keadaan perut masih kosong. Karena dianggap tidak sehat. Ini Sebabnya!

Bagi sebagian besar orang, minum kopi di pagi hari merupakan rutinitas wajib, agar tubuh lebih semangat. Sampai membuat mata lebih menjadi melek, dan gampang fokus.

Namun banyak juga penelitian yang mengklaim bahwa minum kopi saat perut masih kosong ini, sebenarnya perlu dihindari, bahkan bisa berbahaya untuk kesehatan.

Dilansir dari Hindustan Times (29/09), hal ini dijelaskan oleh beberapa ahli gizi dan kesehatan yang meneliti pola minum kopi.

Berikut lima penjelasan mengapa minum kopi saat perut masih kosong ini berbahaya untuk tubuh.

Baca Juga: Kopi Hitam Bisa Percepat Turunkan Berat Badan, Ini 3 Alasannya" selengkapnya

1. Mengganggu Sistem Pencernaan

Young woman having painful stomach ache. Chronic gastritis. Stomach or menstrual cramps. Abdomen bloating concept.Ilustrasi Perut Sakit Foto: Getty Images/iStockphoto/eternalcreative

Walau kopi dikemas dengan banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan disebut bisa membuat orang lebih panjang umur. Tapi sebaiknya, hindari minum kopi ketika perut kosong.

Karena kopi bisa merangsang produksi asam pada perut. Hal ini yang menyebabkan beberapa gangguan atau masalah pada perut. Seperti membuat tubuh terasa bengkak, mual sampai bahkan muntah.

2. Jadi Gelisah

Menurut Dokter Adam Simon selaku kepala medis di PushDoctor UK, ada beberapa efek samping dari konsumsi kopi di pagi hari saat perut kosong. Kondisi berkaitan dengan perubahan suasana hati yang cukup ekstrem.

"Minum kopi saat perut kosong bisa membuat seseorang gelisah, gemetar, hingga efek samping lainnya. Termasuk perubahan suasana hati," jelas Dokter Adam.

Selain itu kopi bisa meningkatkan gejala kecemasan, sekaligus meningkatkan detak jantung, kesulitan untuk fokus. Sampai membuat orang lebih sensitif dan mudah marah.

3. Kehilangan Mineral Penting

Tired mixed race Black business woman, office employee touching, rubbing nose bridge with closed irritable eyes, bad strain blurry vision, eyesight problems, headache, feeling stress, fatigueIlustrasi Lesu. Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes

Rutin meminum kopi setiap pagi ternyata dapat membuat tubuh kehilangan beberapa mineral penting. Hal ini disebabkan usai meminum kopi, tubuh akan membuangnya melalui urine atau air kencing.

Dari sana, beberapa mineral di dalam tubuh juga ikut keluar. Kopi bisa meningkatkan proses ekskreksi atau proses pembuangan kalsium, potassoum, dan magnesium dari dalam tubuh.

Sementara beberapa kopi yang diracik dengan gula sampai krim, merupakan minuman yang kurang bernutrisi untuk tubuh di pagi hari.



Simak Video "Sejarah Kebun Kopi Tertua di Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT