ADVERTISEMENT

Kopi Hitam Bisa Percepat Turunkan Berat Badan, Ini 3 Alasannya

Riska Fitria - detikFood
Kamis, 25 Agu 2022 07:30 WIB
Kopi Hitam dan Dark Chocolate Disebut Lebih Sehat
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Kopi hitam cocok untuk diet karena terbukti dapat membantu menurunkan berat badan. Manfaat kopi itu sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian.

Kopi merupakan minuman favorit sejuta umat. Faktanya, populasi global mengonsumsi lebih dari 160 juta kantong kopi setahun, menurut Insider (11/01/22).

Kopi mengandung nutrisi seperti niasin, potassium, magnesium dan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, mendukung fungsi otot dan mengarah pada kesehatan jantung.

Selain itu, juga mengandung kafein yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga membantu menurunkan berat badan. Karenanya kopi hitam cocok dikonsumsi saat diet.

Berikut 3 alasan mengapa kopi hitam dapat membantu turunkan berat badan:

1. Kopi Hitam Rendah Kalori

Kopi Hitam Bikin Awet Muda dan Panjang UmurKopi hitam cocok untuk diet karena kopi hitam rendah kalori. Foto: Getty Images/iStockphoto/naramit

Penurunan berat badan dikaitkan dengan defisit kalori. Maksudnya, kalori yang dikonsumsi lebih sedikit daripada kalori yang terbakar.

Kopi hitam cocok untuk diet karena kopi hitam rendah kalori. Dalam 250 ml kopi hanya mengandung kurang dari 5 kalori. Namun, kalori kopi hitam bisa bertambah jika diberi gula.

"Meskipun kopi hitam rendah kalori, tapi kalori kopi hitam bisa dengan cepat menjadi tinggi kalori setelah ditambahkan gula, krim, susu dan pemanis lainnya," ujar Shaw, ahli gizi.

Baca Juga: Minum 3 Cangkir Kopi Sehari Terbukti Bikin Jantung Sehat

2. Kafein Meningkatkan Metabolisme

Kopi Hitam Bikin Awet Muda dan Panjang UmurKafein dapat meningkatkan proses metabolisme itu. Foto: Getty Images/iStockphoto/naramit

Metabolisme adalah proses di mana tubuh memecah nutrisi dan memanfaatkan kalori makanan sepanjang hari. Dan kafein dapat meningkatkan proses metabolisme itu.

Hal itu telah dibuktikan oleh sebuah studi kecil yang dilakukan pada tahun 2008. Kafein sendiri adalah stimulan yang terkandung dalam kopi.

Dalam studi itu menemukan bahwa peserta yang meminum berbagai takaran kopi selama dua bulan memiliki metabolisme yang lebih besar. Metabolisme yang besar akan memungkinkan anda untuk membakar lebih banyak kalori.

Baca Juga: Bukan Gula, 7 Bahan Ini Bikin Kopi Jadi Manis dan Makin Nikmat



Simak Video "Bikin Laper: Kulineran Malam di Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT