Minum 3 Cangkir Kopi Sehari Terbukti Bikin Jantung Sehat

Devi Setya - detikFood
Sabtu, 26 Mar 2022 05:00 WIB
Kopi Terbukti Bikin Jantung Sehat
Foto: Getty Images/iStockphoto/Visit Roemvanitch
Jakarta -

Kopi yang aroma dan rasanya nikmat ternyata memberi dampak positif pada kesehatan jantung. Orang yang minum dua hingga tiga cangkir kopi setiap hari terbukti memiliki jantung yang lebih sehat.

Ada bukti baru yang menunjukkan kopi memberi manfaat kesehatan. Konsumsi dua hingga tiga cangkir sehari sering dikaitkan dengan umur yang lebih panjang. Porsi kopi ini juga membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Dilansir dari Today (25/3) manfaat minum dua hingga tiga cangkir per hari ini bisa dirasakan oleh siapapun, bahkan untuk penderita penyakit kardiovaskular. Hal ini diungkapkan lewat sebuah penelitian yang dipresentasikan pada Sesi Ilmiah Tahunan American College of Cardiology.

"Kopi dapat membuat detak jantung berdegup lebih kencang, beberapa orang khawatir meminumnya karena khawatir dapat memicu atau memperburuk masalah jantung," kata Dr. Peter Kistler, penulis senior dan kepala penelitian aritmia di Rumah Sakit Alfred dan Institut Jantung Baker di Melbourne, Australia.

"Tetapi data kami menunjukkan bahwa asupan kopi setiap hari tidak memberi efek buruk untuk kesehatan. Kami menemukan fakta bahwa minum kopi memiliki efek netral, artinya tidak membahayakan kesehatan jantung," tambah Dr. Kistler.

Berikut penjelasan soal minum kopi yang berefek positif pada kesehatan jantung:

1. Konsumsi dua hingga tiga cangkir kopi per hari

Kopi Terbukti Bikin Jantung SehatKopi Terbukti Bikin Jantung Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto/Visit Roemvanitch

Dua hingga tiga cangkir kopi sehari adalah 'angka ajaib'. Temuan ini didasarkan pada data dari sekitar setengah juta orang di database medis Inggris yang dikelompokkan berdasarkan berapa banyak kopi yang mereka minum setiap hari dan data ini diperbaharui selama 10 tahun.

"Pengambilan terbesar adalah seberapa komprehensif penelitian ini," kata koresponden medis senior NBC Dr. John Torres. "Mereka yang meminum dua hingga tiga cangkir kopi, terbukti tidak hanya mengalami lebih sedikit masalah jantung tetapi juga lebih sedikit kemungkinan meninggal selama periode 10 tahun itu."

Para peneliti menyimpulkan bahwa orang yang minum 2-3 cangkir kopi setiap hari memiliki 10-15 persen risiko lebih rendah terkena penyakit jantung dan kematian mendadak. Sementara untuk orang yang minum kopi kurang dari 2 cangkir terbukti memiliki risiko lebih rendah terkena stroke.