ADVERTISEMENT

5 Cara Minum Kopi yang Bantu Bikin Panjang Umur

Riska Fitria - detikFood
Senin, 14 Mar 2022 05:00 WIB
Tips minum kopi
Foto: iStock
Jakarta -

Rutin minum kopi bisa membuat panjang umur karena manfaat kesehatannya. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, perhatikan beberapa cara mengonsumsi kopi.

Ada banyak cara untuk menikmati kopi. Misalnya dicampur dengan krim, gula, es dan masih banyak lagi. Namun hati-hati, beberapa tambahan tersebut bisa menghilangkan efek kesehatan dari kopi.

Menurut beberapa ahli gizi, rutin minum kopi bisa membantu menjalani hidup lama karena efek kesehatannya. Kopi mengandung kafein dan banyak antioksidan yang penting untuk tubuh.

Manfaat dari minum kopi itu bisa didapatkan, adalah memperhatikan beberapa kebiasaan sehat minum kopi. Berikut 5 tips minum kopi yang bisa bikin panjang umur.

1. Pilih Kopi Hitam

Tips minum kopiTips minum kopi dengan memilih kopi hitam Foto: iStock

Jika ingin mendapatkan manfaat kopi yang bisa membuat panjang umur adalah dengan memilih jenis kopi hitam. Kopi hitam mengandung antioksidan dalam jumlah yang tinggi.

"Antioksidannya dapat membantu tubuh untuk memerangi stres oksidatif dan mendukung kesehatan secara keseluruhan," ujar ahli gizi Lauren Manaker.

Namun, pastikan juga untuk tidak menambahkan pemanis atau krimer yang bisa mengurangi manfaat kopi. Jika kamu tidak terbiasa minum kopi hitam, sebaiknya jangan coba-coba.

Baca Juga: Wah! Kebiasaan Minum Kopi Ternyata Dipengaruhi oleh Faktor Genetika

2. Jangan tambahkan pemanis

Tips minum kopiTips minum kopi dengan tidak menambahkan pemanis Foto: iStock

Cara terbaik saat menikmati kopi adalah dengan tidak menambahkan pemanis. Seiring waktu, penambahan gula bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang tidak diinginkan.

"Terlalu banyak gula dalam kopi bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Selain itu, bisa juga menyebabkan diabetes tipe-2," ujar ahli gizi Courtney D'Angelo.

3. Tambahkan Protein

Tips minum kopiTips minum kopi dengan menambahkan bubuk protein Foto: iStock

Menambahkan bubuk protein mungkin kedengarannya aneh, tetapi tips ini bisa membantu meningkatkan asupan nutrisi di pagi hari. Protein memiliki banyak manfaat.

"Protein dapat membantu membangun otot, menghilangkan lemak dan menyediakan energi sepanjang hari," ujar D'Angelo.

D'Angelo mengatakan bahwa protein bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama. Menambahkan protein bisa jadi solusi yang baik daripada menambahkan gula.

Baca Juga: Minum Kopi Pakai Gula Lebih Nikmat Tapi Kurang Sehat, Ini Faktanya



Simak Video "Perhatikan Protokol Kesehatan Berikut Bila Makan di Restoran"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT