56 Nama Lain Gula dalam Makanan dan Minuman yang Harus Diwaspadai

ADVERTISEMENT

56 Nama Lain Gula dalam Makanan dan Minuman yang Harus Diwaspadai

Riska Fitria - detikFood
Jumat, 30 Sep 2022 07:00 WIB
Efek terlalu banyak konsu,si gula
Foto: iStock
Jakarta -

Tingginya kandungan gula pada makanan dan minuman bisa mengganggu kesehatan. Karenanya kenali istilah lain kandungan gula pada label kemasan.

Gula memang manis, tetapi efek sampingnya tidak semanis rasanya. Kebanyakan mengonsumsi gula bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, seperti yang dikutip dari US News.

Mulai dari meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, penuaan dini, merusak sinyal otak, merusak gigi, meningkatkan depresi, menyebabkan penyakit ginjal dan lainnya.

Karenanya, mulai sekarang perhatikan seberapa banyak kamu mengonsumsi makanan dan minuman manis. Untuk memperhatikan kandungan gula, kamu bisa cek di label kemasan makanan dan minuman.

1. Nama Lain Gula

GulaAda sekitar 56 nama lain dari gula yang biasa tertera pada label kemasan. Foto: iStock

Penambahan gula pada makanan dan minuman tidak hanya untuk membuat rasanya manis, tetapi juga untuk memperbaiki rasa, tekstur dan masa penyimpanan suatu produk, laporHealthline.

Adanya kandungan gula tidak hanya ditulis sebagai 'gula' saja pada label kemasan. Ada sekitar 56 nama lain dari gula yang biasa tertera pada label kemasan.

Beberapa yang paling umum adalah sukrosa, sirup jagung tinggi fruktosa, sirup agave, gula bit, molasses, brown sugar, buttered syrup, gula tebu, karamel, gula kastor, gula demerara.

Gula bubuk, sirup maple, sorghum, raw sugar, refiner's syrup, barley malt, dextrin, corn syrup. dekstrosa, glukosa, malt syrup, maltose, rice syrup, fruktosa dan galaktosa.

Baca Juga: 5 Fakta Esteh Indonesia, Dari Gerai Kecil hingga Punya CEO Nagita Slavina

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT