9 Makanan Penyebab Perut Buncit Ini Sebaiknya Dihindari

ADVERTISEMENT

9 Makanan Penyebab Perut Buncit Ini Sebaiknya Dihindari

Tim Detikfood - detikFood
Jumat, 30 Sep 2022 05:00 WIB
Overweight woman with tape is measuring fat on belly - obesity concept
Foto: iStock
Jakarta -

Perut buncit dibenci semua orang. Selain kurang olahraga, perut buncit bisa dipicu karena konsumsi makanan tertentu. Ini daftarnya!

Perut buncit dialami oleh pria dan wanita. selian gerak tubuh tak nyaman, juga mengganggu penampilan. Tanpa disadari pola makan harian dan gaya hidup kurang sehat ikut memicu kondisi lemak perut yang menumpuk dan perut jadi buncit.

Tak dimungkiri konsumsi makanan tertentu dapat membuat perut buncit. Studi menunjukkan kondisi perut buncit meningkatkan risiko seseorang mengalami penyakit jantung, diabetes, dan Alzheimer.

Apa saja makanan penyebab perut buncit yang berbahaya buat kesehatan?

1. Makanan cepat saji

Gurih enak rasanya, tapi hati-hati makanan cepat saji merupakan makanan yang tinggi lemak dan padat kalori. Studi menunjukkan makanan ini berkontribusi pada penambahan berat badan dan peningkatan lemak di perut sehingga bikin perut kamu jadi buncit.

2. Keripik

Kalau soal cemilan, tak ada yang bisa mengalahkan keripik. Gurih dan renyahnya tak ada yang bisa mengalahkan dan membuat orang sulit berhenti mengunyah. Tetapi, penelitian menyebutkan bahwa keripik punya kandungan lemak jenuh yang bisa bikin perut cepat buncit.

3. Cokelat batang

Cokelat batangan yang mengandung gula dan susu mengandung kalori yang tinggi. Studi dari American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan cokelat batangan merupakan makanan yang paling dikaitkan dengan penambahan berat badan dan jadi makanan penyebab perut buncit.

4. Roti tawar putih

Jika kamu penggemar roti maka ada baiknya untuk memperhatikan pilihan roti yang disantap. Roti tawar putih yang sangat halus perlu dihindari agar perut tak buncit. Karena roti tawar jenis white bread ini mengandung banyak kalori dan rendah serat.

5. Beefsteak

Saat makan beefsteak di restoran steak, jangan pilih rib eye steak. Studi menunjukkan bahwa memilih jenis bagian steak yang tepat membantu mengecilkan perut buncit. Tapi rib eye, T-bone dan New York Strip adalah satu dari tiga potongan daging steak yang berbahaya buat perut buncit.

Mengutip berbagai sumber, peneliti menemukan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya lemak, daging merah segar secara positif terkait dengan obesitas perut dan lingkar pinggang yang lebih besar.

Makanan apa saja yang bisa memicu perut buncit? Lihat halaman berikut ini!



Simak Video "Bikin Laper: Bakso dengan Taburan Kikil Melimpah"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT