Ini 6 Manfaat dan Bahaya Minum Kopi Bagi Kesehatan Usus

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Ini 6 Manfaat dan Bahaya Minum Kopi Bagi Kesehatan Usus

Atiqa Rana - detikFood
Minggu, 25 Sep 2022 07:00 WIB
Kopi dan usus
Foto: Getty Images
Jakarta -

Kopi memang memberikan manfaat bagi tubuh, salah satunya kepada usus. Namun pada sebagian orang, minum kopi juga bisa mengganggu kesehatan usus. Ini penjelasannya.

Kebanyakan orang minum kopi karena ingin mendapatkan manfaat penambah energi yang cepat. Pada sebagian orang, minum kopi juga sudah menjadi rutinitas pagi.

Namun kopi juga bisa memberi pengaruh pada kesehatan usus. Melansir everydayhealth.com (17/09), para peneliti menemukan bahwa kopi bisa memberikan efek kepada mikrobioma usus. Mikrobioma tersebut bisa berpotensi membantu hingga berbahaya bagi kesehatan kita.

Kopi mengandung fitokimia yang akan membantu usus dan mendorong pertumbuhan bakteri baik. Namun, Dr. Ganjhu mengatakan bahwa mereka yang memang sensitif terhadap kafein akan mendapatkan efek lain.

Berikut manfaat dan bahaya dari konsumsi kopi pada kesehatan usus yang dirangkum dari beberapa sumber.

Manfaat Kopi

1. Mendorong Buang Air Besar

Kopi dan ususTak lama setelah kopi diminum, ada beberapa orang yang langsung ingin pergi ke kamar mandi. Ini disebabkan karena kafein yang terkandung di dalamnya. Foto: Getty Images

Secara umum, kopi telah ditemukan manfaatnya bagi banyak orang. Salah satunya mampu meningkatkan keteraturan usus.

Tak lama setelah kopi diminum, ada beberapa orang yang langsung ingin pergi ke kamar mandi. Ini disebabkan karena kafein yang terkandung di dalamnya.

Melansir healthline.com (22/03/2018), kafein pada kopi tidak hanya akan membantu kita agar terjaga, tetapi juga bisa menjadi dorongan stimulan yang alami. Kafein tersebut akan membantu usus besar dan dan otot usus menjadi lebih aktif.

Kondisi ini akan mendorong makanan lebih cepat ke rektum, dan menimbulkan rasa sakit perut ingin buang air besar.

2. Merangsang Hormon Pencernaan

Kopi dan ususSelain zat kafein yang bisa menjadi stimulan alami, kopi juga telah terbukti merangsang hormon untuk membantu mendorong makanan melalui usus. Foto: Getty Images

Selain zat kafein yang bisa menjadi stimulan alami, kopi juga telah terbukti merangsang hormon untuk membantu mendorong makanan melalui usus.

Kafein akan meningkatkan kadar hormon gastrin yang membuat usus besar lebih aktif. Kopi juga dapat meningkatkan kadar hormon cholecystokinin yang diketahui bisa meningkatkan pergerakan makanan melalui usus besar dan berkaitan dengan refleks gastrokolik yang membuat usus lebih aktif.

3. Mengurangi Lemak Tubuh dan Membuat Tubuh Lebih Sehat

Kopi ternyata juga bisa membantu dalam penurunan berat badan dengan cara meningkatkan kesehatan usus. Kandungan kafein pada kopi akan memicu pergerakan aktif pada usus.

Minum kopi dapat mengubah penyimpanan lemak sekaligus dapat mempertahankan berat badan sehat dan menjaga kesehatan usus.



Simak Video "Sejarah Kebun Kopi Tertua di Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT