ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Sudah Minum Kopi Tapi Badan Terasa Lelah? Ini Sebabnya

Sonia Basoni - detikFood
Jumat, 23 Sep 2022 07:30 WIB
Sudah Minum Kopi Tapi Badan Terasa Lelah? Ini Sebabnya
Foto: Site News/Photo Stock
Jakarta -

Jika biasanya kopi diminum di pagi hari untuk menambah semangat dan energi, tapi banyak juga orang yang merasa lelah usai minum kopi. Kenapa ya?

Merasa lelah atau capek usai minum kopi ternyata bukan sekadar perasaan semata. Kopi disebut sebagai salah satu minuman yang paling banyak diminum orang di dunia.

Setiap harinya ada sekitar dua miliar cangkir kopi yang dikonsumsi di dunia. Kebanyakan orang-orang minum kopi untuk suntikan tenaga agar mata lebih 'melek' di pagi hari, sampai untuk membuat pikiran menjadi lebih fokus.

Baca Juga: 5 Mitos tentang Minum Kopi Ini Jangan Dipercaya Lagi" selengkapnya

Namun dilansir dari Sleepopolis (22/09), kopi jelas mengandung kafein yang yang efeknya berbeda-beda pada setiap orang. Ada orang yang ketika terkena kafein dari kopi jadi lebih bersemangat dan fokus.

Namun ada juga orang yang minum kopi, tapi kafein di dalamnya justru menstimulus tubuh hingga merasa lelah. Tentunya ada penjelasan ilmiah di balik alasan mengapa beberapa orang merasa lelah usai minum kopi.

Kemungkinannya karena kafein ini berinteraksi dengan senyawa kimia di otak seperti adenosin. Adenosin ini kadarnya akan meningkat jika kita tidak tidur, sementara kafein membuat tubuh lebih terjaga. Karenanya ada di satu titik di mana senyawa adenosin ini membuat tubuh terasa lelah.

Sudah Minum Kopi Tapi Badan Terasa Lelah? Ini SebabnyaSudah Minum Kopi Tapi Badan Terasa Lelah? Ini Sebabnya Foto: Site News/Photo Stock


Kadar adenosin ini akan menurun secara alami jika kita tertidur. "Banyak orang minum kopi, atau minuman berkafein lainnya untuk membuat tubuh lebih bersemangat. Tapi mengonsumsi kafein ini bisa mendorong tubuh kita menjadi lelah, setelah efek kafeinnya menghilang," jelas Stephen Light, selaku CEO dari perusahaan teknologi untuk mengatasi masalah tidur, yaitu Nolah Technologies.

"Karena kafein ini adalah senyawa psikoaktif yang memblokir reseptor adenosis di sistem saraf pusat. Singkatnya, adenosin ini adalah senyawa kimia pengatur tidur. Dengan kita minum kafein, artinya mencengah reseptor tubuh untuk menerima adenosin, tapi tidak menghentikan produksinya. Sehingga ketika efek kafein hilang, tubuh akan merasa kelelahan," sambung Stephen.

Tak ketinggalan efek diuretik pada kopi, yang membuat orang buang air kecil terus menerus. Kondisi ini membuat tubuh terus mengeluarkan kandungan air hingga garam yang dibutuhkan dan membuat orang merasa lebih cepat lelah.

Sudah Minum Kopi Tapi Badan Terasa Lelah? Ini SebabnyaSudah Minum Kopi Tapi Badan Terasa Lelah? Ini Sebabnya Foto: Site News/Photo Stock

"Ketika kalian minum kopi atau teh, kafein ini membuat tubuh kehilangan air, yang bisa menyebabkan dehidrasi dan membuat tubuh lebih cepat lelah serta lemas," pungkas Dokter Alice Williams.

Untuk itu para ahli kesehatan selalu menyarankan agar para penggemar kopi meminum kopi dalam tahap wajar. Beberapa dokter menyarankan porsi 2-3 cangkir kopi sehari.

Tapi ada juga yang menyarankan 4-5 cangkir sehari, yang setara dengan 400 mg kafein yang masih dinilai normal. Tentunya semua ini kembali lagi pada kondisi tubuh masing-masing orang.

Baca Juga: 5 Tempat Ngopi Seru di Kemang Buat Santai Malam Minggu" selengkapnya



Simak Video "Mencicipi Kopi di Festival Coffee Rajadesa Art and Culture"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT