ADVERTISEMENT

Cara Membuat Kopi Kunyit untuk Cegah Diabetes dan Penuaan Dini

Riska Fitria - detikFood
Senin, 19 Sep 2022 07:00 WIB
Kopi kunyit
Foto: iStock
Jakarta -

Dr. Zaidul Akbar memiliki resep kopi yang menyehatkan. Racikan kopinya dicampur dengan kunyit yang bisa mencegah diabetes hingga penuaan dini.

Kopi merupakan minuman kopi yang menyehatkan. Namun kopi bisa berefek sebaliknya jika diracik dengan cara yang salah. Misalnya penambahan gula berlebih, krimer, susu dan lainnya.

Sebaiknya kopi hitam diminum tanpa gula. Atau bisa juga diracik dengan rempah kunyit seperti yang dicontohkan oleh dr. Zaidul Akbar. Racikan kopi kunyit mengandung asam caffeic.

Asam caffeic adalah senyawa organik dan antioksidan kuat. Menurut dr. Zaidul Akbar, senyawa ini dapat ditemukan secara alami di berbagai macam tumbuhan.

Baca Juga: Viral di Twitter, Resep Es Kopi Susu Kekinian ala Kafe

Kopi kunyitRacikan kopi kunyit mengandung asam caffeic. Foto: iStock

Lebih lanjut, dr.Zaidul Akbar mengatakan bahwa senyawa asamcaffeic memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Di antaranya kemampuan antiradang,antikanker danantivirus.

"Ini dapat meningkatkan kinerja atlet dan dianggap penting untuk kesehatan manusia," tulisnya dalam unggahan di Instagram (15/09/20).

Asam caffeic yang paling umum dalam makanan manusia adalah dari kopi. Selain itu, juga ditemukan di berbagai herbal tertentu seperti kunyit. Karenanya kopi dan kunyit adalah racikan sempurna.

Seperti antioksidan lainnya, asam caffeic dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan seiring bertambahnya usia. Sifat antioksidannya dapat mencegah penyakit.

Baca Juga: Kopi Joss, Racikan Kopi Campur Arang Panas Kebanggaan Orang Jogja

Kopi kunyitAsam caffeic yang paling umum dalam makanan manusia adalah dari kopi. Foto: iStock

Mulai dari kanker, penyakit jantung, dan penyakit usia lanjut lainnya seperti Alzheimer. Senyawa ini juga dapat membuat kulit menjadi tampak lebih muda dan melindungi dari sinar matahari.

Kopi kunyit juga mudah dibuatnya, bahannya cukup sediakan kopi hitam, kunyit, jahe, air panas dan gula aren. Berikut cara membuatnya:

1. Parut kunyit seukuran 5 cm
2. Seduh kunyit tersebut dengan air panas 40 ml selama 5 menit.
3. Campurkan gula aren secukupnya dan aduk rata.
4. Di gelas lain, seduh satu sendok kopi menggunakan 100 ml air panas.
5. Setelah itu, tuang kopi ke gelas yang berisi seduhan kunyit.
6. Jika suka bisa ditambahkan air jahe agar terasa hangat.

Baca Juga: Racikan Kopi Campur Santan yang Creamy Gurih Ini Mudah Dibuat



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT