ADVERTISEMENT

Viral di Twitter, Resep Es Kopi Susu Kekinian ala Kafe

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Minggu, 21 Agu 2022 10:00 WIB
Viral di Twitter, Resep Es Kopi Susu Kekinian ala Kafe
Foto: Twitter swextdemon
Jakarta -

Es kopi susu masih terus digemari hingga kini. Muncul banyak variasi resepnya, termasuk yang dibagikan netizen ini. Resepnya viral dengan tanda suka (likes) sudah lebih dari 34.600!

Di tengah gempuran tren minuman kelapa, smoothies, hingga bubble tea, es kopi susu masih punya tempat tersendiri di hati para pencintanya. Es kopi susu bisa divariasikan dengan berbagai bahan hingga rasanya lebih enak.

Di media sosial, tampak banyak netizen membagikan resep es kopi susu ala kafe. Salah satu yang viral dibagikan Sherlina Anggretya, pemilik akun Twitter @swextdemon (17/8). detikfood mengutip informasi ini atas seizinnya.

Sherlina mengatakan es kopi susu buatannya bisa menghemat pengeluaran dibanding harus terus-menerus beli minuman kopi di kafe. Ia menggunakan susu gandum merek Oatside.

Viral di Twitter, Resep Es Kopi Susu Kekinian ala KafeCuitan soal resep es kopi susu viral di Twitter. Foto: Twitter swextdemon

Harganya memang lebih mahal dibanding susu sapi, namun hitungan pemakaiannya bisa lebih hemat dibanding kamu membeli es kopi dengan susu gandum di kafe dimana harganya lebih mahal.

Baca Juga: Cicip Resep Caramel Macchiato Viral di TikTok, Bahannya Murah Meriah!

Sherlina menjagokan 3 paduan bahan miliknya yaitu kopi hitam dari Nescafe Gold, saus Sea Salt Caramel merek Ghirardelli, dan susu gandum Oatside. Ia membelinya dari toko online dengan harga masing-masing Rp 126.600, Rp 175.000, dan Rp 40.000.

Semuanya tinggal dicampur jadi satu di gelas dengan komposisi sesuai selera. "Racikan resep kopi rumahan yang enak banget menurutku," katanya.

Untuk versi lebih hematnya, Sherlina mengatakan susu gandum bisa diganti susu UHT Full Cream. Lalu untuk kopinya bisa menggunakan Nescafe Classic, bukan Nescafe Gold.

Meski begitu, dalam thread berbeda ia mengungkap perbedaan Nescafe Classic dan Nescafe Gold. Dari segi harga memang sangat jauh. Untuk 100 gram Nescafe Classic Rp 30-40 ribuan, sedangkan 100 gram Nescafe Gold bisa mencapai Rp 100-120 ribuan.

Viral di Twitter, Resep Es Kopi Susu Kekinian ala KafeResep es kopi susu kekinian dengan susu gandum, sirup Iresh Cream, dan Nescafe Gold. Foto: Twitter swextdemon

"Tapi buat segi rasa, menurutku jauh lebih enak Nescafe Gold. Dari yg aku baca, Nescafe Classic itu 100% robusta yang mana kopinya kuat, aku ngerasa ada asamnya sih kayak acid Americano gitu. Kalau yang Nescafe Gold, dia Arabica & Robusta, jauh lebih 'smooth'. Nggak ada asamnya," kata Sherlina.

Menurut Sherlina, penggunaan susu gandum juga jadi 'game changer' dalam resep es kopi susu buatannya. Selain karena memang ia sedang mengurangi konsumsi produk dairy, rasa susu gandum juga enak.

"Rasanya enak banget, tetap creamy walau nggak se-creamy susu UHT Full Cream, dan agak lebih mahal tapi okelah buat ganti produk dairy," katanya.

Baca Juga: Resep Es Kopi Susu Kekinian, Modal Minimalis dan Tanpa Alat Kopi

Sherlina juga mengungkap resep es kopi susu selain dengan saus sea salt caramel. Tambahan gula aren murni dan sirup Iresh Cream dari Denali juga bisa jadi inspirasi.

Viral di Twitter, Resep Es Kopi Susu Kekinian ala KafeGula aren juga bisa jadi panduan es kopi susu yang enak. Foto: Twitter swextdemon

Paduan bahan premium ini membuat es kopi susu rumahan seperti buatan kafe kelas atas! Tak heran kalau threadnya sudah mendapat tanda suka lebih dari 35 ribu saat berita ini ditulis (20/8).

Sebelumnya netizen di Twitter @_gladhys (8/9/2019) mengungkap resep es kopi susu versi murah meriah. Bahannya 900 ml susu Frisian Flag varian Coconut Delight, 10 sachet Nescafe classic, dan 2 sachet susu kental manis.

Resep ini bisa untuk jadi stok mingguan. Total biaya yang dihabiskan tak lebih dari Rp 30 ribuan lho!

Baca Juga: Netizen Ramai Bagikan Resep Es Kopi Susu Kekinian yang Murah Meriah



Simak Video "Es Kopi Susu Kekinian Jadi Tren Bisnis Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT