ADVERTISEMENT

Minum Kopi Sebelum Sarapan, Apa Efeknya Bagi Tubuh?

Yenny Mustika Sari - detikFood
Minggu, 18 Sep 2022 07:30 WIB
Minum Kopi
Foto: Getty Images
Jakarta -

Banyak orang menikmati sarapan dengan mengonsumsi kopi tanpa makanan. Apakah baik bagi kesehatan atau justru memberikan efek buruk? Ini penjelasannya.

Kopi merupakan minuman yang biasanya dikonsumsi saat pagi hari. Ada juga yang mengonsumsinya sebagai menu sarapan tanpa makan sesuatu terlebih dahulu.

Dilansir dari SBS Food (30/8), banyak orang yang mengonsumsi kopi di pagi hari dengan alasan dapat memberikan kekuatan energi. Tanpa secangkir kopi di pagi hari, beban pekerjaan untuk sebagian orang menjadi lebih berat dan tidak selesai tepat waktu.

Namun dalam ketergesaan mengonsumsi kopi untuk memulai hari, ada sesuatu yang terlupakan. Mereka tidaj mengonsumsi makanan terlebih dahulu.

Di Australia contohnya, mengonsumsi kopi di pagi hari tentunya ditemani dengan makanan. Bisa dengan melahap brioche, bomboloni, atau jenis kue kering lainnya.

Sementara di Australia, orang-orang selalu mengonsumsi kopi di pagi hari bersamaan dengan menyantap makanan. Lantas, apa pengaruh dari mengonsumsi kopi saat perut kosong?

"Minum kopi tanpa makanan di pagi hari dapat menyebabkan efek biologis yang lebih besar pada tubuh kita daripada jika memiliki makanan di perut," ujar ahli gizi, Alice Bleathman.

Baca Juga: Sisca Kohl Makan Indomie Abang Adek 100 Cabe, Netizen: Tetap Slay

Kopi seduh tanpa mesin kopiKopi Foto: Coffee Affection, iStock

Alice kemudian menjelaskan apa dampak dari mengonsumsi kopi di pagi hari saat perut kosong. "Misalnya, mungkin saja kamu mengalami detak jantung yang cepat atau merasa gelisah," jelasnya.

Alice juga memberikan contoh saat kamu memulai aktivitas berat dan hanya mengonsumsi kopi tanpa makan, maka tubuh akan merasa cemas.

"Jika kamu berlari dengan kecepatan satu juta mil per jam di pagi hari, banyak dari kamu meminum kopi tanpa makan karena merasa stres. Justru kamu akan merasa jauh lebih cemas," ungkap Alice Bleathman.

Intinya, minum kopi saat perut kosong bisa menyeimbangkan antara perasaan siap untuk memulai hari dan perasaan stres, dan karenanya tidak produktif.

Baca Juga: Dapat Sandwich Super Lembek, Pria Ini Protes Salahkan Sopir Ojol

Minum KopiMinum Kopi Foto: Getty Images

Bleathman menjelaskan bahwa di pagi hari, produksi kortisol tubuh akan secara alami melonjak untuk membuat tubuh terjaga. Kortisol adalah 'hormon stres'.

Hormon ini meningkatkan glukosa dalam aliran darah, meningkatkan penggunaan glukosa otak dan banyak lagi. Lonjakan kortisol pagi berlangsung selama sekitar 30-45 menit dan kemudian kembali ke keadaan dasarnya. Bleathman menambahkan bahwa adrenalin juga meningkat di pagi hari.

"Jika kita mengalami peningkatan besar dalam adrenalin dan kortisol di pagi hari, lalu minum kopi tanpa makanan untuk menyerapnya, kita benar-benar tidak memiliki bantalan untuk mengatur (gelombang tambahan)," kata Alice.

Bagi yang memiliki masalah pencernaan dan kesehatan lambung juga tak direkomendasikan untuk mengonsumsi kopi tanpa makan lebih dulu. Karena kopi memiliki kandungan asam dan hal tersebut akan memberikan efek pada lambung.

Baca Juga: Meski Tanpa Alkohol, Kopi Wine Tetap Tak Bisa Dapat Label Halal Karena Ini



Simak Video "Mencicipi Kopi di Festival Coffee Rajadesa Art and Culture"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT