ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Cegah Noda Kuning di Gigi Karena Minum Kopi dengan Cara Ini

Sonia Basoni - detikFood
Senin, 12 Sep 2022 07:30 WIB
Young happy women talking and laughing while drinking coffee together in coffee shop.
Foto: iStock
Jakarta -

Bagi penggemar kopi, minum kopi setiap hari bisa membuat warna gigi menjadi kuning. Tapi ada banyak cara untuk mencegah gigi kekuningan.

Minum kopi di pagi hari atau saat sarapan, jadi minuman wajib banyak orang. Karena kopi dipercaya dapat menambah energi, hingga membuat tubuh lebih bertenaga di pagi hari.

Namun efek samping dari kebanyakan minum kopi ini ternyata bisa membuat gigi menjadi kekuningan.

Baca Juga: Ini Waktu Terbaik Minum Kopi untuk Dapatkan Manfaat Sehatnya" selengkapnya


Dilansir dari Healthline (11/09), ada alasan mengapa kopi bisa membuat gigi menjadi kuning. Karena kopi mengandung senyawa tannins, yang merupakan polifenol yang terurai dalam air.

Tannins juga bisa ditemukan pada minuman lain seperti wine dan teh. Tannins ini bisa menyebabkan munculnya komponen warna yang membekas di gigi. Ketika komponen warna ini tertinggal di gigi, tentunya perlahan akan muncul warna kuning pada gigi.

Hanya butuh minum secangkir kopi sehari untuk membuat gigi menjadi kuning. Namun ada banyak cara untuk mencegah gigi menjadi kuning.

Woman holding cigarettes with yellow teeth isolated on blue background, asianGigi Kuning. Foto: thinkstock

Pertama dengan rutin ke dokter gigi untuk pembersihan gigi misalnya sebulan sekali. Bisa juga merawat gigi di rumah, dengan cara sikat gigi menggunakan campuran bubuk soda kue dua kali dalam sebulan, untuk mencerahkan warna gigi.

Bisa juga mengurangi noda kuning di gigi karena kopi, dengan rajin menggunakan pasta gigi yang memang untuk memutihkan gigi atau whitening. Sekarang banyak pasta gigi premium, yang khusus memutihkan gigi dan aman untuk digunakan setiap hari.

Selain itu jenis sikat gigi juga berpengaruh terhadap warna gigi. Bagi penggemar kopi, disarankan untuk mengganti sikat gigi dari yang manual ke sikat gigi elektrik, karena tekanan sikat gigi elektrik lebih stabil dalam membersihkan gigi.

Terakhir wajib sikat gigi dua kali dalam sehari, minimal dua menit untuk hasil yang maksimal.

Perlu diingat, kopi itu bukan air mineral. Karenanya kopi bisa menimbulkan bakteri tumbuh di dalam mulut, yang bisa merusak kesehatan gigi.

Kopi juga bisa membuat aroma nafas jadi tidak sedap. Untuk menghindarinya bisa makan dulu sebelum minum kopi, dan bersihkan lidah menggunakan sikat lidah atau tongue scraper, usai sikat gigi atau setelah minum kopi untuk mencegah efek samping ini.

Nah, bagi penggemar kopi sebaiknya kurangi asupan krimer dan gula karena bisa menambah noda kuning.

Begitu juga bagi yang suka minum es kopi, sebaiknya minum es kopi menggunakan sedotan, agar noda kopi tidak menempel pada gigi.

Terakhir tentunya minumlah kopi dalam porsi dan takaran yang wajar setiap harinya.


Baca Juga:Ini 5 Manfaat Sehat Kopi yang Membuat Dorongan Seksual Meletup" selengkapnya



Simak Video "Bikin Laper: Segarnya Minum Che Hun Tiau di Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT