ADVERTISEMENT

5 Manfaat Buah Carica, Pepaya Mungil nan Manis Khas Dieng

Tim detakjateng - detikFood
Sabtu, 10 Sep 2022 10:30 WIB
5 Manfaat Buah Carica, Pepaya Mungil nan Manis Khas Dieng.
Foto: detikfood/iStock
Jakarta -

Carica adalah buah khas Dieng dengan tampilan mirip pepaya mungil. Buah yang sering diolah jadi manisan ini memiliki banyak manfaat sehat. Ini daftarnya.

Buah carica sering disebut pepaya gunung oleh masyarakat Dieng, sedangkan di Bali, sebutannya gedeng memedi. Disebut pepaya gunung lantaran buah ini hanya tumbuh di dataran tinggi Dieng.

Konon carica Dieng yang memiliki nama latin Vasconcella Cundinamarcencis ini berasal dari Dataran Tinggi Andes, Amerika Selatan. Buah ini diperkirakan dibawa ke tanah air saat masa penjajahan Belanda.

Dahulu buah carica dimanfaatkan getah dan buahnya sebagai bahan farmasi, tapi kemudian juga diolah jadi manisan. Produk manisan carica ini dijajakan sejak tahun 1980-an.

Di balik rasanya yang enak, konsumsi buah carica punya segudang manfaat untuk tubuh. Ini daftarnya:

1. Bagus untuk kesehatan kulit

Dikutip dari laman carica.id, buah carica khas Dieng disebut mengandung vitamin A dan C. Dua jenis vitamin itu berguna untuk melindungi kulit dari sinar UV, radikal bebas, hingga anti-aging atau anti penuaan. Di daerah asalnya di Amerika Selatan, carica khas Dieng ini juga dimanfaatkan sebagai bahan baku obat kulit.

2. Atasi sembelit

Buah carica khas Dieng memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga baik untuk sistem pencernaan. Seperti papaya, buah ini dikenal sebagai solusi untuk mengatasi sembelit. Menurut carica.id, buah carica khas Dieng ini juga dapat menyeimbangkan kadar asam di usus sekaligus menghilangkan bakteri jahat.

Baca Juga: Carica dari Dieng Paling Diburu Pemudik untuk Oleh-oleh

3. Bersifat antikanker

5 Manfaat Buah Carica, Pepaya Mungil nan Manis Khas Dieng.5 Manfaat Buah Carica, Pepaya Mungil nan Manis Khas Dieng. Foto: detikfood/iStock

Buah carica khas Dieng disebut mengandung zat agrinin yang dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker pada tubuh.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Berkat kandungan vitamin B kompleks dan vitamin C, buah carica khas Dieng juga dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh dari bermacam bakteri jahat hingga kolesterol.

5. Bikin tulang kuat

5 Manfaat Buah Carica, Pepaya Mungil nan Manis Khas Dieng.Selain kaya akan vitamin dan serat, buah carica khas Dieng juga menyimpan zat kalsium yang bagus untuk tulang dan gigi. Foto: detikfood/iStock

Selain kaya akan vitamin dan serat, buah carica khas Dieng juga menyimpan zat kalsium yang bagus untuk tulang dan gigi.

Olahan Buah Carica Khas Dieng

Selain manisan, carica juga diolah menjadi berbagai produk makanan lain. Ada sirup, keripik, dodol, selai, dan lainnya. Buah carica matang juga bisa dimakan langsung. Bedanya dari pepaya, buah ini punya sensasi rasa asam, manis, dan berbau harum.

Baca Juga: Fakta Buah Carica Dieng Dengan Sejuta Manfaat Bagi Tubuh

Ciri Manisan Buah Carica Khas Dieng yang Bagus

Dilansir laman carica.id, ada 5 ciri manisan buah carica khas Dieng yang baik, yaitu:

1. Pilih yang cairannya tampak bening, itu menandakan proses sterilisasi dengan hot filling pada saat pengemasannya berlangsung sempurna.
2. Jika warna cairannya terlalu mencolok dan terang, waspadai penggunaan zat pewarna.
3. Tekstur buah yang tidak terlalu keras atau lembek.
4. Rasa manis dan aroma wanginya alami.
5. Manisan carica yang normal bisa disimpan selama 1-1,5 tahun. Sedangkan untuk kemasan gelas bisa bertahan selama 7-8 bulan.

Baca selengkapnya DI SINI.

Baca Juga: A-Z Buah Carica Khas Dieng, 5 Manfaat dan 5 Ciri Manisan yang Baik

(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT