ADVERTISEMENT

Fakta Buah Carica Dieng Dengan Sejuta Manfaat Bagi Tubuh

Sponsored - detikFood
Sabtu, 19 Feb 2022 21:15 WIB
adv
Jakarta -

Buah carica atau masyarakat sering menyebutnya dengan buah papaya gunung salah satu buah yang unik dari Dieng. Pasalnya buah ini hanya dapat tumbuh di Dataran Tinggi Dieng.

Dieng merupakan salah satu tempat destinasi wisata yang banyak dikunjungi. Eksotisnya alam di dataran tinggi ini sungguh memikat wisatawan untuk datang. Selain wisata ternyata Dieng terkenal dengan oleh-olehnya salah satunya olahan buah carica.

Buah ini mirip dengan pepaya, pohonya pun mirip dengan pohon pepaya. Namun memiliki bentuk atau ukuran buah yang lebih kecil. Berikut beberapa fakta unik tentang buah carica Dieng.

Buah Yang Berasal Dari Luar Negeri

Dilansir dari carica.id, carica Dieng atau dengan nama latin Vasconcella Cundinamarcencis berasal dari Dataran Tinggi Andes, Amerika Selatan. Diperkirakan dibawa ke Indonesia saat penjajahan Belanda.

Pemilihan tempat oleh penjajah pada saat itu adalah Dieng karena dari ketinggian hampir sama dengan Dataran Tinggi Andes.

Mungkin orang mengira sekilas terlihat seperti buah pepaya. Di Dieng banyak tumbuh pohon mirip pepaya yang ada di pinggiran lahan. Dan ternyata itu adalah buah carica yang memiliki bentuk lebih kecil.

Diolah Menjadi Manisan Carica

Seriring waktu para penjajah menanam carica di Dieng bertujuan untuk diambil getah dan buahnya sebagai bahan farmasi. Kandungan yang terdapat dalam buah ini dapat sebagai bahan obat dan kosmetik.

Berbeda saat penjajah Jepang mengambil alih Indonesia yang membuat carica tidak dibudidayakan kembali.

Namun seiringnya waktu pada tahun 1980 bisnis carica mulai menggeliat. Para produsen lokal mengolahnya menjadi manisan carica yang sekarang bisa kita lihat di banyak toko oleh-oleh Wonosobo.

Menjadi Oleh Oleh Khas Wonosobo Unggulan

Karena begitu khas manisan carica ini dijadikan produk unggulan oleh pemerintah menjadi oleh oleh khas. Produsen yang mengolah buah ini mencapai 200 lebih produsen yang tersebar di berbagai penjuru kota.

Salah satunya OAFINDO yang memproduksi carica dengan merk Carica Sumbing Segar. Dilansir dari sumbingsegar.com, produsen carica yang aman setidaknya harus memiliki ijin BPOM dan standar produksi yang baik.

Buah Yang Kaya Akan Khasiat

Carica Dieng memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain rasanya yang nikmat ternyata daya tarik dari buah khas Dieng ini adalah kandungan manfaatnya. Beberapa manfaat buah ini diantaranya :

  • Mengandung serat yang tinggi untuk melancarkan proses pencernaan

  • Kandungan Vitamin A untuk menjaga kesehatan mata

  • Vitamin B yang dapat membantu kinerja metabolisme tubuh

  • Juga terdapat kandungan Vitamin E yang tentunya untuk kesehatan kulit

  • Ada juga zatagrinin yang dipercaya untuk menghambat pertumbuhan sel kanker

(Tagsite/carica.id)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT